Resep Stik Bawang

Bagi para pecinta jajanan gurih, pasti stik bawang menjadi salah satu jajanan favorit yang sering dibeli.

Rasanya yang gurih dan sedikit asin membuat para penikmat stik bawang kecanduan dan susah untuk berhenti menikmatinya.

Jajanan yang satu ini sebenarnya cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah dengan alat-alat dan bahan sederhana, kamu pasti bisa membuat stik bawang.

Cara Membuat Stik Bawang - Resep Stik Bawang

Yuk coba resep kali ini untuk membuat stik bawang mudah dan hemat, tentunya bakalan bikin kamu ketagihan.

Bahan-bahan

Pertama, siapkan dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan seperti:

  • 500 gr tepung terigu, gunakan yang rendah protein
  • 2 sendok makan margarin
  • ½ sendok teh garam untuk mendapatkan stik bawang dengan cita rasa dominan gurih atau boleh ditambahkan sedikit apabila ingin rasa stik bawang yang dominan asin (sesuai selera)
  • 1 sendok teh kaldu bubuk atau penyedap rasa
  • 1 sendok teh baking powder
  • Secukupnya air
  • Secukupnya daun bawang dan seledri yang sudah dicacah halus
  • Secukupnya minyak sayur

Cara Membuat Stik Bawang

Jika semua bahan-bahan di atas sudah siap, kamu bisa memulai untuk membuat stik bawang dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan panci untuk memasak bahan basah, masukkan mentega, 3 sendok makan minyak sayur dan 200 ml air lalu masak dengan api kecil sampai semuanya larut. Jika sudah larut, tambahkan garam dan kaldu bubuk atau penyedap rasa lalu aduk semua hingga tercampur merata. Lalu matikan kompor.
  2. Siapkan wadah untuk mencampur bahan kering seperti mangkuk besar atau baskom, masukkan tepung terigu, baking powder, daun bawang dan seledri yang sudah dicacah halus. Aduk  menggunakan spatula hingga semuanya tercampur.
  3. Campurkan bahan kering dan bahan basah menggunakan spatula lalu uleni sebentar saja jangan terlalu lama karena nanti adonan jadi susah kering dan mengembang ketika digoreng.
  4. Taburi adonan dengan tepung terigu agar tidak lengket dan menempel lalu giling adonan hingga menjadi pipih, lalu masukkan ke dalam gilingan mie atau bisa juga adonan yang sudah pipih dipotong-potong secara manual menyerupai seperti mie atau dapat dibentuk sesuai selera
  5. Jika sudah selesai dibentuk, siapkan wajan lalu isi dengan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng adonan panaskan dengan api sedang. Jika sudah cukup panas, masukkan adonan yang tadi sudah dibentuk, masak hingga keemasan. Angkat dan tiriskan.
  6. Biarkan stik bawang yang sudah matang hingga suhu ruang baru masukkan ke dalam toples.
  7. Stik bawang renyah dan nikmat siap untuk disajikan di atas meja anda atau dinikmati saat waktu luang sambil bersantai bersama keluarga.

Jika ingin menambah rasa, setelah dingin bisa ditaburi dengan bumbu-bumbu lain, seperti bubuk cabe, balado atau penyedap rasa sesuai selera.

Apabila ingin membuat stik bawang dengan jumlah yang lebih banyak, jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah bahan dan bumbu yang digunakan agar tidak gagal saat digoreng dan rasanya tetap enak.

Selamat mencoba di rumah!

Tinggalkan komentar