Resep Siomay Ayam

Siomay salah satu makanan yang berasal dari Tiongkok yang sudah banyak dimodifikasi di Indonesia. Siomay termasuk jenis dimsum yang berbahan dasar ikan atau udang. Namun, seiring berjalannya waktu, ada juga siomay yang berbahan dasar Ayam.

Cara membuat siomay juga cukup mudah serta bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat baik di supermarket atau pasar tradisional. Siomay ayam sangat cocok untuk dijadikan cemilan ketika ada kumpul keluarga.

Hanya butuh sedikit usaha dan niat untuk membuat siomay ayam yang lezat dan mengenyangkan.

Cara Membuat Siomay Ayam - Resep Siomay Ayam

Yuk coba buat sendiri siomay daging ayam di rumah menggunakan resep ini.

Bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan bahan yang kamu butuhkan seperti:

  • 1 kg daging ayam, gunakan bagian paha agar sedikit berlemak atau boleh diganti dengan bagian lainnya yang tersedia sesuai selera
  • 15 pcs kulit pangsit basah yang berbentuk bulat
  • 1 butir telur ayam berukuran besar
  • 6 siung bawang putih yang dicincang halus
  • 1 buah wortel berukuran besar potong kecil-kecil, sisakan untuk pemberian topping
  • 4 sendok makan tepung maizena
  • 3 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan penyedap rasa atau kaldu bubuk
  • 1 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok teh garam (sesuai selera)
  • Secukupnya air matang
  • Secukupnya minyak sayur untuk olesan

Cara Membuat Siomay Ayam

Jika semua bahan sudah siap, mulailah membuat siomay ayam dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cuci daging paha ayam sampai bersih gunakan air yang mengalir lalu tiriskan airnya sampai kering.
  2. Jika sudah kering, cincang halus daging paha ayam beserta kulitnya an juga wortel yang sudah terlebih dahulu dipotong-potong, gunakan food processor sampai teksturnya lembut atau bisa disesuaikan dengan selera. Lalu pindahkan ayam dan wortel yang sudah dihancurkan tersebut ke dalam wadah, campur dengan saus tiram, gula pasir, minyak wijen, garam dan penyedap rasa atau kaldu bubuk (takarannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing). Aduk semua bahan dan bumbu hingga benar-benar tercampur rata.
  3. Tambahkan satu buah telur berukuran besar, tepung maizena dan bawang putih yang sudah dicincang (pemberian bawang putih bisa juga dicampurkan di food processor bersama daging dan wortel), aduk-aduk terus menggunakan spatula sampai adonan daging ayam dan tepung tercampur.
  4. Cacah halus sebagian wortel yang tadi sudah disisakan untuk pemberian topping di atas siomay
  5. Setelah itu, siapkan kulit pangsit bulat yang sudah dibasahi terlebih dahulu sebelumnya dengan air agar lebih mudah dibentuk, kemudian masukan kurang lebih sebanyak 1 sendok adonan daging ke dalamnya lalu tutup pinggir-pinggirnya sampai menyerupai gelas atau mangkuk agar adonan daging tidak tumpah, jangan lupa untuk dirapikan. Lakukan hal ini sampai semua adonan dagingnya habis
  6. Siapkan panci kukusan yang sudah dilumuri dengan minyak sayur terlebih dahulu agar siomay tidak lengket dan menempel, kemudian tata siomay dalam kukusan. Sebelum menutup panci kukudan, oleskan minyak sayur ke kulit siomay agar tidak menempel dan kulit tidak menjadi kering saat dikukus.
  7. Kukus siomay hingga masak selama kurang lebih 25 menit atau gunakan tusuk gigi untuk mengukur kematangan, caranya memasukkan tusuk gigi ke dalam siomay, bila tidak ada adonan daging yang menempel tandanya siomay sudah matang. 
  8. Siomay siap disajikan.

Tips:

  • Semakin nikmat jika siomay ayam disajikan bersama saus kacang atau saus yang terbuat dari campuran saus cabai, saus tomat, kecap asin boleh juga ditambah dengan bubuk cabai lalu diaduk rata.

Tinggalkan komentar