Resep Sambal Kecombrang

Sambal menjadi salah satu lauk penting bagi beberapa orang karena dapat meningkatkan nafsu makan karena membuat makanan semakin nikmat.

Sekarang ini berbagai macam pilihan sambal  dapat dengan mudah dibuat bahkan dibeli dalam bentuk kemasan yang dapat bertahan cukup lama dalam suhu tertentu.

Salah satu jenis sambal yang banyak digemari adalah sambal kecombrang. Selain karena rasanya yang menggugah selera, sambal kecombrang juga unik karena dibuat dari bunga kecombrang asli yang masih segar.

Meskipun kecombrang termasuk tumbuhan rempah, namun tidak banyak masakan yang menggunakan rempah yang satu ini. Meskipun begitu, ketika dibuat menjadi sambal, ternyata rasanya menjadi sangat lezat dan membanhkitkan nafsu makan loh.

Cara dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal kecombrang ini hampir sama dengan pembuatan sambal lain pada umumnya.

Cara Membuat Sambal Kecombrang - Resep Sambal Kecombrang

Berikut bahan-bahan dan cara pembuatan sambal kecombrang sebagai referensi.

Bahan-bahan

4 bunga kecombrang

2 siung bawang merah

2 siung bawang putih

6 cabai rawit merah (dapat disesuaikan dengan selera kepedasan masing-masing)

1-2 buah tomat hijau (sesuai selera)

2 buah cabai merah keriting

½ buah jeruk purut

1 sendok teh terasi (boleh dilewati saja apabila tidak suka)

2 lembar daun jeruk

Garam, gula pasir dan minyak goreng secukupnya

Apabila ingin diberi tambahan, bisa juga disiapkan seperti cumi atau teri (optional)

Cara membuat sambal kecombrang

  1. Pertama, siapkan alat-alat seperti talenan, pisau, wadah dan teflon.
  2. Iris semua jenis cabai dan bawang seperti yang disebutkan tadi di atas, bunga kecombrang dan daun jeruk (iris tipis). Cabai boleh ditambahkan sesuai selera.
  3. Siapkan teflon, beri minyak goreng lalu panaskan pada api sedang. Apabila sudah cukup panas (jangan sampai terlalu panas karena akan merusak rasa dan tekstur kecombrang), masukkan bunga kecombrang, terasi, bawang putih lalu tumis hingga harum dengan api kecil. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk dicoba agar dapat mengoreksi rasa.
  4. Siapkan wadah sambal seperti cobek, mangkuk atau piring. Masukkan bawang merah yang sudah diiris tadi serta daun jeruk, cabe rawit, cabai keriting ke dalam wadah tersebut. Beri perasan jeruk purut dan taburi garam di atasnya secukupnya. Lalu siram dengan minyak panas berisi kecombrang yang tadi sudah ditumis.
  5. Sambal kecombrang siap dinikmati untuk menemani nasi hangat.

Tinggalkan komentar