Resep Sambal Bajak

Sambal menjadi pelengkap makanan favorit yang harus ada bagi pecinta pedas di Indonesia.

Salah satu sambal yang mudah dibuat di rumah dan salah satu favorit bagi para pecinta pedas adalah sambal bajak. Sambal bajak jadi salah satu pilihan sambal yang cukup mudah dan tidak ribet untuk membuatnya.

Perpaduan antara rasa asin, sedikit manis dan sensasi pedas yang tak diragukan lagi menjadi ciri khas dari sambal bajak yang banyak diminati ini. Bahkan mungkin alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal bajak ini sudah tersedia semuanya di dapur kamu.

Cara Membuat Sambal Bajak - Resep Sambal Bajak

Kalau kamu tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah, yuk coba siapkan bahan-bahan di bawah ini:

Bahan-bahan

  • 10 cabai merah besar yang sudah dibelah dan dibersihkan dari bijinya kemudian iris-iris kasar
  • 5 cabai rawit merah (boleh ditambahkan sesuai dengan selera pedas masing-masing)
  • 8 siung bawang merah yang sudah dicacah kasar
  • 3 siung bawang putih yang sudah dicacah kasar
  • 3 butir kemiri yang sudah dicacah kasar
  • 1 sendok makan terasi yang sudah dibakar atau digoreng agar aroma dan rasanya semakin kuat (sesuai selera)
  • 1 sendok makan gula merah yang sudah disisir atau bisa juga menggunakan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 100 ml air panas

Catatan: bahan-bahan di atas dapat menghasilkan sambal untuk 2-4 porsi makan, jika anda hendak menambahkan porsi sambal bajaknya, jangan lupa sesuaikan juga jumlah bumbu yang akan digunakan. Jika ragu, anda bisa mencicipi sedikit sambal bajak sesekali saat dimasak untuk mengoreksi rasanya agar dapat menambahkan bumbu penambah rasa yang kurang.

Cara Membuat Sambal Bajak

Apabila semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, kamu dapat segera mulai membuat sambal bajak dengan mengikuti cara pembuatan seperti di bawah ini:

  1. Siapkan food processor atau bisa juga menggunakan ulekan. Haluskan bahan-bahan seperti cabai rawit merah, merah, bawang merah, bawang putih dan terasi yang sudah digoreng hingga benar-benar halus dan tercampur menjadi satu. Beri minyak sedikit agar bahan-bahan tersebut lebih cepat halus.
  2. Kemudian, siapkan wajan yang sudah diberi minyak kurang lebih 3 sendok makan, panaskan dengan api sedang lalu masukkan bahan-bahan yang sudah dihaluskan sambil terus ditumis hingga setengah matang dan sudah tercium bau harum dari bumbu kurang lebih selama 10 menit.
  3. Jika sudah terasa wangi kecilkan api, tuangkan 100 ml air panas ke dalam wajan sambil terus diaduk. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dengan api kecil, aduk sekali-kali saja agar bagian bawah sambal tidak gosong.
  4. Tambahkan bumbu penambah rasa seperti garam dan gula (tambahkan juga penyedap rasa jika diperlukan) sesuai selera. Tumis hingga semua bumbu tercampur rata.
  5. Masak terus sampai tekstur sambalnya mengental dan berminyak (seperti chili oil)
  6. Jangan lupa untuk dicicipi agar dapat mengoreksi rasa yang kurang.
  7. Sambal bajak siap untuk dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga. Selamat mencoba sendiri di rumah!

Tips:

  • Sambal bajak bisa juga dijadikan stock yang tahan lama hingga 2 sampai 4 hari di dalam kulkas asal disimpan di dalam wadah kedap udara (pastikan terlebih dahulu sambal bajak sudah benar-benar dingin atau suhu ruang sebelum dimasukkan ke dalam kulkas), kemudian simpan di dalam kulkas.
  • Jika tidak kuat pedas untuk mencicipi, siapkan timun atau lalapan lainnya untuk mempermudah mencicipi sambal sehingga tidak terlalu pedas saat dicicipi.

Tinggalkan komentar