Plecing Kangkung Bali
Masakan Indonesia

Resep Plecing Kangkung Khas Bali

Resep Plecing Kangkung Khas Bali – Terkadang kita tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak karena memiliki kesibukan lain. Namun tetap harus menyediakan hidangan untuk keluarga tercinta.

Mungkin hidangan yang satu ini dapat menjadi solusinya, yaitu makanan plecing kangkung. Dari namanya saja kita sudah tau apa bahan utamanya, yaitu sayur kangkung.

Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Bali

Cara Membuat Plecing Kangkung Bali

Tanaman yang satu ini mudah didapatkan dengan harga yang ramah di kantong. Tak hanya itu, tanaman ini juga memiliki banyak khasiat serta manfaat yang baik untuk tubuh.

Selain itu sayur kangkung juga dapat menyehatkan untuk penglihatan, anti parasit usus, menjaga kesehatan hati dan liver, dan masih banyak lagi manfaat kangkung yang lainnya.

Untuk mendapat manfaat-manfaat tersebut, disarankan untuk mengkonsumsi kangkung secara rutin. Selain itu, kangkung juga harus diolah dengan cara yang tepat agar kandungan gizi-nya tidak hilang.

Plecing Kangkung adalah satu hidangan kangkung yang kami rekomendasi-kan untuk Anda. Rasanya yang lezat serta proses pembuatan-nya yang praktis dan mudah, menjadi andalan hidangan sehat ini.

Kali ini resepkuerenyah.com akan mengulas resep plecing kangkung Bali yang enak dan mudah. Silahkan simak bahan-bahan dan langkah-langkah cara membuat plecing kangkung khas Bali yang mudah di bawah ini.

Plecing Kangkung Bali

Simak Resep Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Bali Berikut:

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Plecing Kangkung:

  • Kangkung sebanyak 2 ikat
  • Kacang tanah yang telah digoreng sebanyak 100 gram
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Bawang merah sebanyak 5 siung
  • Cabai rawit merah sebanyak 5 buah atau sesuai selera
  • Cabai keriting merah sebanyak 15 buah atau sesuai selera
  • Tomat sebanyak 1 buah
  • Terasi secukupnya
  • Gula merah dan garam halus secukupnya
  • Jeruk limau sebanyak 1 buah

Cara membuat Plecing Kangkung Khas Bali

  1. Potong-potong kangkung, lalu bersihkan dengan cara dicuci dengan air mengalir.
  2. Masak air hingga mendidih, lalu masukkan kangkung dan rebus sebentar saja.
  3. Siapkan air dingin dengan tambahan beberapa es batu. Jika kangkung telah matang, masukkan ke dalam air dingin tersebut. Kemudian ditiriskan dahulu.
  4. Buat sambal terasi-nya dengan cara mencampur bawang putih, bawang merah, cabai rawit merah, cabai keriting merah, tomat, dan terasi. Lalu oseng-oseng semua bahan tersebut dan haluskan dengan tambahan gula merah dan garam halus. Anda dapat menghaluskannya dengan cara di ulek atau dengan menggunakan blender.
  5. Belah jeruk limau, lalu peras dan kucurkan sari-nya ke dalam sambal terasi. Aduk-aduk hingga rata.
  6. Siapkan piring saji, lalu letakkan kangkung di atasnya. Tambahkan sambal terasi dan beri kacang tanah goreng sebagai taburannya.

Baca juga : Cara Membuat Pecel Surabaya

Demikian ulasan mengenai resep cara membuat plecing kangkung Bali yang praktis, mudah, menyehatkan, dan pastinya lezat. Selamat mencoba resep di atas. Semoga hidangan ini dapat menjadi salah satu menu favorit keluarga Anda.

5/5 (1 Review)

Leave a Reply