Resep Perkedel Tahu

Siapa yang suka makan tahu tapi bosan dengan olahan masakan tahu yang itu-itu aja?

Kamu bisa mengkreasikan tahu jadi perkedel loh. Selain kentang, tahu juga bisa menjadi bahan dasar perkedel yang nikmat disajikan untuk lauk makan atau sekedar untuk camilan.

Cara dan tahapan untuk membuat perkedel tahu ini mirip dengan cara membuat perkedel yang berbahan dasar kentang. Alat dan bumbu yang digunakan juga hampir sama hanya bahan dasar kentang yang diganti dengan tahu.

Perkedel tahu memiliki tekstur yang sedikit berbeda dengan perkedel kentang yang lembut luar dan dalam, tekstur dari perkedel tahu sendiri yaitu garing dan renyah di bagian kulitnya dan lembut di bagian isiannya sehingga perkedel tahu juga cocok untuk dijadikan cemilan.

Cara Membuat Perkedel Tahu - Resep Perkedel Tahu

Daripada penasaran, yuk coba sendiri buat perkedel tahu di rumah. Pertama, siapkan beberapa bahan sebagai berikut:

Bahan-bahan

  • 300 gr tahu putih yang sudah dihaluskan sampai benar-benar hancurkan dengan menggunakan garpu (boleh diganti dengan tahu kuning sesuai selera)
  • 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan atau cukup dicacah halus biasa (rasanya akan lebih kuat jika dihaluskan hingga benar-benar halus)
  • 1 butir telur ayam ukuran besar
  • 2 batang daun bawang berukuran sedang yang diiris tipis
  • 1 sendok makan tepung terigu protein rendah
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica atau lada bubuk
  • 1 sendok teh penyedap rasa atau kaldu bubuk rasa ayam (sesuai selera(
  • Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng perkedel

Cara Membuat Perkedel Tahu

Jika semua bahan di atas sudah tersedia, kamu bisa langsung melanjutkan membuat perkedel tahu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Terlebih dahulu pastikan bahwa tangan anda benar-benar bersih dan kering sebelum memulai membuat perkedel tahu.
  2. Siapkan wadah seperti mangkuk berukuran sedang atau besar, masukkan tahu yang sudah ditiriskan dari airnya, hancurkan tahu secara manual dengan menggunakan garpu sampai benar-benar halus.
  3. Masukkan bahan-bahan lainnya kecuali minyak ke dalam wadah kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata dan tekstur tahu menjadi mudah untuk dibentuk.
  4. Bentuk adonan tahu menjadi bulat lonjong (bentuk bisa disesuaikan dengan selera masing-masing). Gunakan tangan untuk membentuk perkedel tahu dan bantuan sendok apabila diperlukan. Lakukan proses ini hingga semua adonan perkedel tahu habis.
  5. Siapkan wajan, isi dengan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng tahu sampai tenggelam. Panaskan dengan api sedang cenderung kecil agar perkedel tahu tidak mudah gosong.
  6. Jika sudah lumayan panas, masukkan perkedel tahu yang tadi sudah dibentuk, jangan terlalu banyak sisakan ruang untuk membolak balik perkedel tahu. Tetap gunakan api sedang untuk menggoreng perkedel tahu, goreng sampai semua perkedel tahunya matang dan berubah warna keemasan, kemudian angkat dan tiriskan minyaknya.
  7. Siapkan piring saji, tata tahu di atas piring. Perkedel tahu siap untuk disajikan dan dinikmati selagi hangat. Sebagai pelengkap, tambahkan cocolan seperti saus atau sambal. Selamat mencoba  sendiri di rumah!

Tips:

1. Gunakan tahu yang masih fresh agar perkedel tidak mudah basi dan dapat menyatu dengan sempurna saat digoreng

2. Jangan lupa untuk membalik tahu saat digoreng agar matang dan warnanya merata. Cukup membalik tahu sekali saja ya tidak perlu untuk dibolak balik.

Tinggalkan komentar