Resep Membuat Cemilan Sunda Opak Ketan
Kue Kering

Resep Membuat Opak Ketan Khas Sunda

Resep Membuat Opak Ketan Khas Sunda – Makanan ringan dari jenis kue kering tradisional yang dapat bertahan cukup lama tanpa bahan pengawet adalah opak ketan.

Cara Membuat Opak Ketan Khas Sunda

Opak ketan ini yaitu merupakan olahan tepung beras ketan yang dicampurkan dengan kelapa parut, gula, garam dan penyedap. Campuran bahan ini kemudian dibuat menjadi adonan opak dan dibentuk bulat pipih lalu dijemur kering dan dipanggang matang.

Opak sendiri merupakan makanan ringan khas warga Sunda yang tentunya akan banyak sekali ditemukan di berbagai acara seperti hajatan dan syukuran. Makanan ringan ini sengaja dibuat untuk suguhan dan jamuan keluarga dan para tamu yang datang.

Terdapat dua jenis opak ketan yang banyak dibuat, yaitu opak ketan dengan rasa manis dan opak ketan dengan rasa asin.

Nah, untuk pembuatan opak ketan yang resepkuerenyah.com bagikan pada Anda ini adalah jenis opak ketan dengan rasa asin gurih. SIlahkan, disimak saja langsung cara membuat opak ketan di bawah ini.

Resep Membuat Cemilan Sunda Opak Ketan

Simak resep cara membuat opak ketan asin khas Sunda berikut:

Bahan-bahan untuk membuat opak ketan:

  • Tepung beras ketan 1 kg
  • Kelapa 2 buah, parut
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya penyedap rasa

Langkah Membuat Opak Ketan Gurih:

  1. Siapkan wadah adonan lalu isi dengan semua bahan opak yang sudah disiapkan di atas. Aduk-aduk sampai menjadi adonan opak.
  2. Kepal-kepal adonan hingga membentuk bulatan kecil lalu pipih-kan dengan bantuan papan bersih atau kayu bulat, botol dan alat bantu lainnya.
  3. Setelah itu, letakkan opak bulat pipih pada wadah besar yang terbuat dari anyaman bambu dan jemur di bawah terik matahari langsung sampai benar-benar kering. Pengeringan ini dapat memakan waktu sampai berhari-hari tergantung panasnya cuaca pada saat di jemur.
  4. Selanjutnya opak yang sudah dijemur kering di panggang di atas bara api sampai mengembang dan menjadi opak garing renyah. Bolak-balik opak saat proses memanggang supaya matang merata. Angkat dan disisihkan. Begitu seterusnya.
  5. Simpan opak yang sudah dipanggang matang dalam wadah stoples dengan penutup supaya tetap renyah.

Baca juga : Cara Membuat Kerupuk Jangek

Demikian ulasan tentang resep opak ketan ini bisa dijadikan camilan renyah, suguhan di meja tamu atau juga kue oleh-oleh. Di berbagai acara hajatan lokal kue opak ketan juga biasanya menjadi salah satu kue suguhan khas pada acara ini. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan