Resep Membuat Kerupuk Jangek

Resep Membuat Kerupuk Jangek – Sudah menjadi rahasia umum jika menikmati santapan apa saja pasti akan berasa kurang lengkap bila tidak ditambah dengan sajian kerupuk.

Ada banyak jenis kerupuk yang bisa menjadi pelengkap dan teman santapan Anda seperti kerupuk udang, kerupuk bawang atau rempeyek dan emping.

Resep Membuat Kerupuk Jangek

Kerupuk memang banyak sekali jenisnya dan salah satunya yang bisa Anda coba nikmati adalah kerupuk jangek. Kerupuk jangek yaitu kerupuk yang terbuat dari kulit sapi yang dipotong-potong dan telah dijemur kering hingga berhari-hari lamanya. Kerupuk jangek merupakan kerupuk khas Sumatera Barat.

Pembuatan kulit sapi menjadi kerupuk jangek melibatkan bumbu penyedap yang sangat sederhana yaitu hanya dengan modal taburan garam saja. Sebelum dibuat kerupuk tentunya kulit sapi ini harus sudah bersih dari sisa-sisa daging dan bulu-bulu yang masih menempel pada kulit sapi.

Cara membersihkan-nya ialah dengan merebus kulit sapi dan mengerik-nya dengan menggunakan pisau. Anda yang barang kali tertarik untuk mencoba membuat kerupuk jangek atau kerupuk kulit sapi ini.

Kali ini resepkuerenyah akan mengulas mengenai resep kerupuk jangek yang enak dan mudah. Silahkan simak bahan-bahan dan langkah-langkah cara membuat kerupuk jangek di bawah ini.

Cara Membuat Kerupuk Jangek Sumbar

Simak Resep Cara Membuat Kerupuk Jangek Berikut:

Bahan-bahan untuk membuat kerupuk Jangek:

  • Kulit sapi secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Jangek:

  1. Kulit sapi direndam selama beberapa saat supaya kotorannya terangkat.
  2. Kemudian kulit sapi yang sudah direndam selanjutnya direbus untuk membersihkan bulu-bulu yang menempel pada kulit sapi. Angkat lalu kerik dengan pisau tajam secara perlahan sampai bersih dan tidak sobek.
  3. Setelah itu, kulit sapi yang sudah bersih dari bulunya direbus kembali sampai matang. Angkat.
  4. Potong kulit sapi menjadi beberapa bagian dengan ukuran sesuai selera, kemudian beri taburan garam dan aduk merata lalu jemur sampai kering. Proses penjemuran ini dapat berlangsung sampai satu minggu lamanya.
  5. Setelah potong kulit sapi kering baru selanjutnya digoreng hingga mengembang dan matang. Angkat dan tiriskan.

Baca juga : Cara Membuat Kerupuk Jariang

Demikian ulasan tentang resep cara membuat kerupuk jangek yang sangat mudah untuk bisa Anda praktek-kan. Sebaiknya kerupuk jangek yang sudah matang disimpan dalam wadah kedap udara supaya kerenyahan-nya tetap terjaga. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar