Resep Martabak Bangka

Martabak manis jadi salah satu jajanan favorit keluarga karena teksturnya yang empuk dan toppingnya yang selalu mencair di mulut.

Salah satu jenis martabak manis yang banyak diminati adalah martabak Bangka. Martabak Bangka memiliki teksturnya yang lebih kenyal  lebih tebal, dan aromanya yang sangat menggugah selera. Dari segi harga, martabak bangka biasanya dibandrol lebih mahal bahkan lebih dari 2x lipat jika dibandingkan dengan harga martabak manis biasa.

Tapi kamu juga bisa membuat martabak bangka sendiri di rumah menggunakan alat-alat yang tersedia di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu rumit dan pastinya banyak tersedia di supermarket atau pasar-pasar tradisional.

Cara Membuat Martabak Bangka - Resep Martabak Bangka

Yuk mulai coba membuat martabak bangka sendiri.

Bahan-bahan

Siapkan bahan-bahan berikut:

  • 300 gram tepung terigu rendah protein
  • 2 butir telur
  • 3 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 1 ¼ sendok teh baking soda
  • 350 ml air matang
  • Untuk taburan, gunakan gula pasir secukupnya
  • Secukupnya mentega untuk olesan

Kamu juga harus menyiapkan bahan topping atau isiannya:

  • Secukupnya susu kental manis rasa vanilla
  • Secukupnya coklat (meses atau coklat bar)
  • Kacang yang ditumbuk kasar lalu disangrai
  • Secukupnya keju yang sudah diserut

Bahan isian di atas, bisa ditambah  dikurangi atau diganti sesuai dengan selera masing-masing.

Cara Membuat Martabak Bangka

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan martabak dan isiannya, mulailah membuat martabak bangka dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan wadah besar untuk membuat adonan tepung, masukkan tepung terigu, baking soda, gula pasir dan garam. Aduk hingga semuanya tercampur menjadi satu menggunakan spatula.
  2. Lalu masukkan air sedikit demi sedikit dan telur ke dalam adonan tepung. Kocok adonan sampai tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal. Gunakan whisk untuk mengocok adonan agar lebih mudah.
  3. Apabila adonan sudah lembut, biarkan adonan di dalam wadah dan tutup rapat menggunakan kain bersih atau penutup lainnya dan diamkan selama 1 jam.
  4. Setelah 1 jam, panaskan teflon yang sebelnya sudah diolesi dengan margarin secara merata, panaskan dengan api kecil. Jika sudah panas, tuang adonan kedalam teflon lalu ratakan dengan memutar teflon.
  5. Masak adonan hingga permukaan adonan bergelembung. Gunakan api kecil.
  6. Jika sudaj bergelembung, taburi gula pasir secukupnya lalu tutup teflon sampai adonan martabak berpori dan matang sempurna.
  7. Jika pinggiran martabak sudah mulai kering dan adonan martabak sudah berpori seluruhnya, pindahkan martabak dari teflon ke tempat yang lebih rata, olesi permukaannya dengan mentega.
  8. Selagi panas, beri susu kental manis, taburi isian sesuai selera seperti coklat, kacang, atau taburan keju di atasnya. Bisa juga mengkombinasikan atau mencampur isian tersebut sesuai selera.
  9. Kemudian jika ingin lebih terasa manis, bisa juga dituang lagi dengan susu kental manis, banyaknya sesuai selera.
  10. Jika sudah selesai diberi isian, langsung  lipat martabak menjadi bentuk setengah lingkaran hingga isiannya tertutup sempurna. Langsung potong-potong martabak, ukurannya dapat disesuaikan dengan selera. Jika dirasa sulit untuk dilipat karena kepenuhan isian, gunakan trik ini dengan terlebih dahulu memotong martabak menjadi 2 bagian berbentuk setengah lingkaran, lalu tumpuk martabak. Kamu juga bisa memotongnya tanpa menumpuk martabak dan membiarkannya dengan bentuk bulat sempurna.
  11. Martabak bangka buatan kamu siap untuk dinikmati selagi hangat bersama keluarga.

Tinggalkan komentar