Resep Lapis Daging

Jawa Timur menyimpan banyak kekayaan kuliner dengan bumbu rempah yang sangat beragam. Resep kali ini akan membahas tentang cara membuat lapis daging.

Lapis daging adalah salah satu olahan masakan daging yang diiris tipis kemudian diproses seperti digoreng dan direbus hingga empuk dengan campuran berbagai macam bumbu rempah dan kecap manis sehingga membuat masakan yang satu ini kaya akan rasa.

Bahan dan bumbu yang digunakan untuk membuat lapis daging cukup mudah ditemukan sehingga kamu dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Lapis daging sangat cocok disajikan di hari-hari besar, bahkan menjadi salah satu menu yang mudah ditemukan di hajatan terutama di Surabaya.

Cara Membuat Lapis Daging - Resep Lapis Daging

Daripada penasaran, yuk coba buat sendiri Lapis Daging ala kamu di rumah.

Pertama, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan utama dan bumbu sebagai berikut:

Bahan-bahan

  • ½ kg daging sapi (gunakan has dalam atau bagian yang tidak berlemak)
  • 5 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar utuh
  • 7 butir kemiri
  • 2 butir telur ayam ukuran besar
  • 1 ruas laos yang sudah digeprek dan dibagi menjadi 2
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang daun serai yang sudah digeprek
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • 4 sendok makan kecap manis
  • Secukupnya air
  • Secukupnya minyak sayur untuk menggoreng

Jika semua bahan utama dan bumbu seperti yang disebutkan di atas sudah tersedia, kamu bisa mulai membuat lapis dagingnya dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Cara Membuat Lapis Daging

  1. Siapakan pisau daging yang benar-bemar tajam agar mudah untuk mendapatkan irisan yang benar-benar tipis (asah terlebih dahulu untuk memastikan ketajamannya), iris daging menjadi bagian tipis-tipis dengan lebar sesuai selera (seperti dendeng).
  2. Jika sudah selesai diiris, cuci bersih daging dengan menggunakan air mengalir pastikan benar-benar bersih, lalu tiriskan terlebih dahulu.
  3. Haluskan bumbu seperti ketumbar, kemiri, dan 1 bagian laos yang sudah digeprek. Kemudian masukkan juga bawang merah dan bawang putih tambahkan gula pasir dan garam.
  4. Jika semua bumbu sudah tercampur rata dan benar-benar halus, campurkan bumbu dengan daging yang sudah diiris tadi, olesi semua bagian daging secara merata jangan lupa diremas-rema agar bumbu meresap ke dalam daging, masukkan juga telur ayam beserta kecap manis. Aduk dan remas terus sampai semua bumbu dan bahan tercampur merata.
  5. Diamkan terlebih dahulu daging selama kurang lebih 30 menit hingga bumbu meresap. Proses marinasi ini penting ya karena yang menentukan legit dan lezatnya daging adalah melalui proses ini jadi jangan sampai dilewatkan.
  6. Jika sudah selesai 30 menit, siapkan wajan kemudian masukkan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng. Panaskan minyak terlebih dahulu dengan api sedang, jika sudah cukup panas, masukkan daging yang tadi sudah dibumbui dan dimarinasi, aduk-aduk sebentar lalu tambahkan serai yang sudah digeprek, sisa laos dan juga daun salam. Aduk-aduk sebentar kemudian diamkan hingga bumbu meresap dan daging menjadi agak kering. Jangan lupa ditutup untuk mempercepat proses pengeringannya tetapi jangan lupa sering dicek agar tidak gosong.
  7. Setelah daging agak kering, tambahkan air secukupnya. Kemudian rebus hingga daging menjadi lunak dan air rebusannya habis. Rebus dalam kondisi wajan ditutup.
  8. Lapis daging ala kamu siap untuk disajikan dan dinikmati bersama keluarga. Makan dengan nasi hangat dan kerupuk sebagai pelengkap. Selamat mencoba resepnya di rumah!

Tinggalkan komentar