Resep Kulit Pangsit

Banyak yang menjual kulit pangsit kemasan yang sudah jadi di warung atau pasar tradisional.

Namun terkadang kualitasnya kurang sesuai dengan yang diinginkan atau bahkan kurang baik karena penyimpanannya yang tidak sesuai. Bentuk dan ukurannya juga tidak bisa disesuaikan dengan keinginan atau masakan yang ingin dibuat. 

Kulit pangsit yang dijual banyaknya lebih cocok untuk digoreng saja karena jika ingin membuat olahan masakan dengan kulit pangsit yang direbus, jika kualitas kulit pangsitnya tidak bagus, ketika direbus kulit pangsit akan hancur dan isiannya jadi pecah kemana-mana sehingga tidak terlalu direkomendasikan untuk merebus kulit pangsit jadi yang sudah dikemas.

Daripada bingung mencari kulit pangsit yang sesuai dan tentunya enak, yuk buat sendiri kulit pangsitnya dengan resep ini.

Cara Membuat Kulit Pangsit - Resep Kulit Pangsit

Selain bisa langsung dipakai, lebih murah dan terjamin kualitas bahan-bahan pembuatnya, kulit pangsit juga bisa dijadikan stok dengan disimpan di dalam kulkas.

Bahan-bahan

Pertama, siapkan dahulu bahan-bahan pembuatnya. Kamu cumu butuh menyiapkan 5 bahan ini untuk membuat kulit pangsit.

  • 250 gr tepung terigu serbaguna 
  • 50 gr tepung tapioka
  • 80 ml air matang
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng atau minyak sayur

Cara Membuat Kulit Pangsit

Lalu mulailah mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah besar (baskom atau mangkuk besar, campur semua bahan yang disebutkan di atas menjadi satu, aduk hingga rata lalu uleni hingga teksturnya menjadi kalis. 
  2. Jika adonan dirasa sudah cukup kalis. Diamkan adonan terlebih dahulu selama 15 menit bisa juga ditutup dengan kain bersih agar tidak terkena debu atau cairan.
  3. Setelah selesai 15 menit, pindahkan adonan ke tempat yang lebih rata (jangan lupa untuk terlebih dahulu menaburi tempat yang lebih rata dengan tepung tapioka agar tidak lengket) lalu giling adonan menggunakan rolling pin (atau bisa menggunakan alat penggilas lainnya yang anti lengket agar adonan tidak rusak) hingga pipih dan benar-benar tipis.
  4. Jika sudah benar-benar pipih dan tipis, potong adonan kulit menjadi kotak atau kira-kira ukuran 9×9 cm (ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masakan masing-masing bisa lebih kecil atau lebih besar).
  5. Jika adonan sudah habis dibentuk menjadi kulit pangsit, taburi tiap sisi kulitnya dengan tepung tapioka sedikit saja dan ratakan agar kulit tidak saling menempel satu sama lain ketika ditumpuk.
  6. Kulit pangsit siap untuk digunakan baik untuk digoreng atau bisa juga untuk direbus.

Jika kulit pangsit ingin dijadikan stok dan disimpan di kulkas, kulit pangsit bisa ditumpuk dan dimasukkan ke dalam wadah tertutup.

Jangan lupa untuk menaburi wadah dan di setiap lapisan kulit pangsit dengan tepung tapioka lagi supaya lebih mudah ketika diambil, tidak lengket dan menempel satu sama lain. Kemudian simpanlah di dalam kulkas atau freezer agar kulit pangsit lebih awet dan tidak bau.

Selamat mencoba di rumah!

Tinggalkan komentar