Resep Kulit Kebab

Banyak orang yang menyangka bahwa kebab merupakan makanan yang berasal dari Turki, akan tetapi asal asli makanan yang satu ini adalah dari Persia yang diperkenalkan secara mendunia oleh tentara asal Turki.

Kebab memiliki arti ditusuk dan dipanggang, karen daging kebab yang menjadi isian dimasak dengan cara ditusuk lalu dipanggang. Kebab menjadi salah satu jajanan asal Persia yang sudah cukup terkenal di Indonesia karena rasanya yang gurih, nikmat dan porsinya yang cukup mengenyangkan.

Kebab memiliki isian yang cukup beragam mulai dari sayuran, daging, telur, saus, mayones dan bumbu-bumbu lainnya. Salah satu yang menjadi penentu rasa kebab yaitu kulit kebabnya.

Di pasar-pasar tradisional atau supermarket, banyak yang menjual kulit kebab jadi yang sudah dikemas namun terkadang rasanya tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Cara Membuat Kulit Kebab - Resep Kulit Kebab

Oleh karena itu, resep kali ini dapat membantu bagi kamu yang ingin mencoba sendiri membuat kulit kebab di rumah.

Bahan-bahan untuk membuat kulit kebab cukup simpel dan mudah ditemukan di mana-mana. Yuk siapkan dulu bahan-bahannya:

  • 250 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 100 ml susu cair yang dihangatkan

Berikut langkah-langkah Membuat Kulit Kebab:

  1. Pertama, siapkan wadah untuk mencampur adonan. Gunakan wadah berukuran sedang atau besar agar adonan tidak tumpah dan lebih mudah saat dicampurkan. 
  2. Masukkan semua bahan yang disebutkan di atas ke dalam wadah yang sudah disiapkan kecuali susu cair yang dihangatkan. Lalu aduk menggunakan spatula hingga semua bahannya tercampur dengan rata.
  3. Sambil terus diaduk, tuang susu cair secara perlahan sedikit demi sedikit. Lalu uleni adonan hingga teksturnya menjadi kalis menggunakan tangan. Pastikan terlebih dahulu tangan sudah dicuci dan benar-benar bersih.
  4. Apabila adonan dirasa sudah cukup kalis, diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit dalam kondisi tertutup boleh menggunakan kain bersih atau penutup lainnya.
  5. Setelah 30 menit, ambil adonan secukupnya lalu bentuk menjadi bulat.
  6. Setelah dibulatkan, giling adonan dengan rolling pin atau atau penggiling lainnya hingga berbentuk pipih dan tipis. Gunakan penggiling yang anti lengket agar adonan tidak lengket. Bisa juga menaburi adonan dengan tepung terigu sedikit agar adonan tidak mudah menempel.
  7. Siapkan teflon anti lengket lalu panggang adonan di atas teflon hingga warnanya menjadi keemasan. Jangan lupa dibalik.
  8. Jika warnanya sudah keemasan. Tiriskan dan dinginkan sampai suhu ruang.
  9. Adonan kulit kebab sudah siap diisi dengan isian yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. 

Apabila kulit kebab ingin dijadikan stok, jangan panggang kulit kebab. Adonan yang sudah dibentuk bisa langsung disimpan di dalam kulkas atau freezer agar lebih awet.

Jangan lupa setiap sisi adonan diberi taburan terigu agar tidak menempel satu sama lain.

Tinggalkan komentar