Resep Krengsengan Daging

Jawa Timur memiliki beragam menu kuliner yang gak hanya memuaskan perut tetapi juga memuaskan lidah. Salah satunya yang menjadi favorit adalah kresengan daging.

Dari namanya sudah jelas, masakan dengan bahan dasar daging sapi yang memiliki kuah pekat dan kental ini memiliki bumbu andalan yang khas. Petis udang merupakan bumbu rahasia yang menjadi ciri khas tersendiri sebagai penambah rasa yang pas untuk kresengan daging ini. Bagi penikmat pedas, masakan ini sangat cocok untuk menggoyang lidah kamu. Hanya dengan ditemani sepiring nasi putih hangat, kresengan daging akan membuat kamu kenyang dan ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi. Di era pandemi ini memang sedikit sulit untuk berurutan makanan. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa membuat kresengan daging sendiri di rumah.

Cara Membuat Krengsengan Daging - Resep Krengsengan Daging

Berikut langkah-langkah mudah membuat kresengan daging khas Jawa Timur yang gurih dan super lezat.

Bahan-bahan

Untuk membuat krengsengan daging, kamu membutuhkan beberapa bahan utama. Bahan-bahan ini tidak boleh dihilangkan karena akan mengubah cita rasa dari masakan favorit yang satu ini. Apa saja bahan-bahan utamanya? Berikut bahan-bahan yang perlu kamu siapkan  untuk membuat kresengan daging:

  • Daging sapi – 500 gram
  • Petis Udang – 1 sdm
  • Cabai Rawit – 10 buah
  • Kecap manis – 2 sdm
  • Air – 600 ml

Bahan-Bahan Bumbu Halus Krengsengan Daging:

Tak hanya bahan utama, kamu juga membutuhkan  bahan-bahan untuk bumbu halus agar cita rasa masakan lebih menggamparkan lidah. Berikut bahan-bahan bumbu halus untuk masakan kresengan daging:

  • Bawang Putih – 2 siung
  • Bawang Merah – 4 siung
  • Cabai Merah – 4 buah
  • Tomat – 1 buah
  • Kemiri – 3 butir
  • Merica – ½ sdt
  • Jahe – 1 ruas
  • Garam – 1 sdt

Cara Membuat Krengsengan Daging

Setelah bahan utama dan bahan bumbu halus telah siap, kamu bisa mengikuti beberapa langkah membuat kresebgan daging yang gurih  dan lezat berikut:

  1. Haluskan 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 4 buah cabai merah, 1 buah tomat, 1 ruas jahe, 3 butir kemiri, ½ sdt merica, dan juga 1 sdt garam. Kamu bisa menggunakan cobek atau blender. Lalu sisihkan.
  2. Tusuk-tusuk daging sapi yang telah dibersihkan menggunakan garpu. 
  3. Lumuri seluruh permukaan daging dengan bumbu halus yang telah dibuat sebelumnya. 
  4. Simpan daging yang telah dibaluri bumbu ke dalam kulkas dan diamkan sekitar 1 jam lamanya.
  5. Setelah 1 jam, daging sudah bisa dimasak. Masukkan daging bersama dengan bumbu rendaman ke dalam wajan yang telah diberi minyak. Masak dengan api kecil. 
  6. Aduk-aduk daging hingga berubah warna.
  7. Masukkan 600 ml air secara perlahan seraya terus diaduk secara merata.
  8. Tambahkan petis udang dan kecap manis. Aduk hingga merata.
  9. Setelah daging empuk dan kuah mengental, kamu bisa menambahkan irisan cabai rawit. Aduk hingga merata dan koreksi rasa. hingga daging empuk dan kuah mengental.
  10. Setelah mendidih, matikan kompor dan angkat kresengan daging.
  11. Sajikan selagi hangat.

Untuk mendapatkan daging yang empuk dan tidak liat, kamu bisa memilih daging sapi bagian tenderloin atau has dalam. Biasanya daging bagian tenderloin lebih lembut dan empuk. Untuk petis udang, kamu bisa mengukus udang utuh yang telah dibersihkan. Selanjutnya, blender daging udang serta kulit-kulitnya dengan menambahkan sedikit air. Setelah halus, rebus udang dengan menambahkan gula pasir, gula merah, dan garam. Setelah air rebusan menyusut, kamu bisa masukkan larutan tepung tapioka seraya terus diaduk. Setelah mendidih, angkat dan tiriskan. Petis udang siap untuk digunakan sebagai bumbu tambahan kresengan daging. Kamu juga bisa menemukan petis udang yang sudah jadi untuk mempercepat proses memasak menu kresengan daging. Selamat mencoba di rumah!

👇 Jangan lupa cek promo menarik 👇

Tinggalkan komentar

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements