Resep Kepiting Pedas

Olahan masakan dari kepiting menjadi salah satu menu favorit keluarga karena rasa khas daging kepiting yang manis dan gurih dengan tekstur yang memanjakan lidah.

Meskipun ada sedikit usaha yang dibutuhkan untuk membuka cangkangnya dan mendapatkan dagingnya, namun ini juga menjadi salah satu yang menarik dari makan kepiting.

Harga masakan dari kepiting dapat dibilang cukup mahal, apalagi di restoran-restoran besar ternama yang terkenal akan olahan makanan lautnya.

Oleh karena itu, resep kali ini akan membahas bagaimana cara mengolah kepiting menjadi masakan bercita rasa pedas dan lezat yang digemari keluarga. Tentunya dengan cara yang mudah dan sederhana agar tidak perlu pergi ke restoran mahal untuk menikmati nikmatnya kepiting pedas.

Resep Kepiting Saus Pedas Nikmat Banget - Resep Kepiting Pedas

Bahan-bahan yang harus disiapkan juga mudah ditemukan di berbagai pasar swalayan maupun pasar tradisional.

Bahan-bahan

  • 1 kg kepiting
  • 1 butir telur untuk mengentalkan kuah kepiting pedas
  • 10 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 4 buah kemiri
  • 5 buah cabai rawit merah (boleh ditambahkan atau dikurangi sesuai selera pedas masing-masing)
  • 1 ruas kunyit (secukupnya, sesuai selera)
  • 1 ruas jahe yang digeprek sebesar kelingking
  • 1 buah bawang bombay
  • Kecap, saus tiram dan saus sambal (secukupnya, boleh diganti dengan saus tomat jika ingin ada rasa asam)
  • Bumbu-bumbu tambahan lainnya seperti lada, penyedap rasa, kaldu jamur, gula dan garam.

Cara memasak kepiting pedas

  1. Pertama-tama, rebus air hingga benar-benar mendidih lalu masukkan kepitingnya ke dalam air mendidih tersebut. Tunggu beberapa saat hingga berubah warna (jangan terlalu lama), angkat lalu tiriskan.
  2. Setelah ditiriskan, belah kepiting menjadi 2 atau beberapa bagian sesuai selera.
  3. Buatlah bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, dan kemiri. Haluskan sampai benar-benar halus dan tercampur rata.
  4. Lalu tumis bumbu halus tersebut tanpa minyak. Tumis hingga kandungan air dalam bumbu tersebut berkurang lalu masukkan sedikit minyak goreng dan tumis kembali bumbunya hingga harum dalam api sedang.
  5. Apabila sudah terasa harum, masukkan kepiting yang tadi sudah dibelah ke dalam wajan dan tumis kembali dengan bumbu tersebut. Tambahkan air sampai kepiting terendam.
  6. Masukkan juga bumbu penambah rasa seperti gula, garam, penyedap secukupnya dan juga jahe yang sudah digeprek. Aduk hingga bumbu dan kepiting tercampur rata.
  7. Tutup wajan dan diamkan beberapa saat sampai air di dalam wajan berkurang dan kepiting menjadi berwarna merah.
  8. Siapkan mangkuk kecil, pecahkan 1 butir telur lalu kocok. Masukkan kocokan telur tersebut ke dalam wajan apabila air dalam wajan sudah berkurang.
  9. Masukkan juga kecap, saus tiram dan saus sambal ke dalam wajan. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata dan kuahnya menjadi kental karena telur yang tadi dimasukkan.

Kepiting saus pedas sudah selesai dimasak dan siap untuk dihidangkan dengan nasi hangat. Apabila tidak terlalu suka pedas, cabai rawit merah boleh diganti dengan cabai keriting sesuai selera.

Tinggalkan komentar