Resep Kentang Mustofa

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat dengan sejuta cara pengolahan. Di Indonesia sendiri ada banyak menu masakan yang menggunakan kentang sebagai bahan dasar atau bahan pendukung. Dari jenis makanan pedas, kentang balado dan kentang mustofa paling banyak ditemukan.

Pada dasarnya kedua jenis masakan ini memiliki bumbu yang hampir sama. Namun kentang balado memiliki bumbu basah sehingga tidak dapat disimpan terlalu lama seperti kentang mustofa yang lebih krispi. Untuk kentang mustofa, cara pembuatannya cukup mudah dan tak jauh berbeda dengan kentang balado. Bahkan kamu bisa membuat kentang mustida sebagai stok makanan pendamping untuk beberapa minggu ke depan.

Cara Membuat Kentang Mustofa - Resep Kentang Mustofa

Bagaimana cara membuatnya? Berikut resep kentang mustofa krispi yang gurih dan lezat yang bisa kamu ikuti sendiri di rumah.

Bahan-bahan

  • Kentang – 1 kg
  • Daun jeruk – 4 lembar
  • Daun salam – 2 lembar
  • Air asam jawa – 1 sdt
  • Garam – ½ sdt
  • Gula pasir – 1 sdt
  • Penyedap rasa – 1 sdt
  • Minyak goreng – Secukupnya
  • Larutan kapur sirih – 1 sdt

Bahan-Bahan untuk Bumbu Halus:

  • Cabai merah besar – 3 buah
  • Cabai merah keriting – 15 buah
  • Cabai rawit merah – 7 buah
  • Bawang putih – 4 siung

Cara Membuat Kentang Mustofa

  1. Siapkan wadah dan isi dengan air secukupnya. Masukkan 1 sdt larutan kapur sirih dan aduk merata. Lalu sisihkan.
  2. Kupas dan cuci bersih kentang. Lalu tiriskan.
  3. Potong kentang yang telah dibersihkan menjadi bentuk korek. Kamu juga bisa menggunakan parutan untuk mendapatkan potongan kentang yang kecil dan tipis. Pastikan kamu memotongnya dengan ukuran kecil agar kentang lebih mudah kering saat diolah.
  4. Masukkan seluruh potongan kentang ke dalam wadah berisi campuran kapur sirih.
  5. Panaskan minyak goreng dengan api besar. Pastikan kamu menuangkan minyak goreng sebanyaknya agar kentang tergoreng dengan matang sempurna.
  6. Setelah minyak panas, kecilkan api secara perlahan menjadi sedang.
  7. Masukkan potongan kentang ke dan minyak dan goreng hingga matang sempurna. Setelah matang, angkat dan sisihkan kentang goreng.
  8. Untuk bumbu kentang, haluskan 15 cabai keriting, 3 cabai merah, 7 Cabai rawit merah, dan 4 siung bawang putih. Kamu bisa menambahkan jumlah cabai jika ingin rasa yang lebih pedas. Haluskan bumbu dengan blender secara merata.
  9. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Lalu tumis bumbu halus.
  10. Tambahkan 4 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, gula, garam dan penyedap rasa secukupnya. Aduk hingga merata dan jangan lupa untuk koreksi rasa.
  11. Jika bumbu sudah matang, angkat dan dinginkan.
  12. Setelah bumbu kentang dingin, satukan bumbu dengan kentang goreng yang telah disiapkan sebelumnya. Aduk hingga benar-benar merata.
  13. Kentang mustofa siap disajikan.

Kentang mustofa ini dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. Kamu bisa menyimpannya ke dalam wadah yang kering dan kedap udara. Simpan dalam suhu ruangan untuk menjaga kentang mustofa tetap kering dan krispi. Untuk menghasilkan kentang mustofa yang lebih garing da krispi, kamu bisa memilih kentang kentang daging berwarna kuning. Kentang jenis ini memiliki kandungan air yang lebih sedikit dibandingkan dengan kentang dengan daging berwarna putih. Dengan kandungan air yang lebih sedikit, kentang akan lebih garing saat digoreng. Pastikan juga untuk memasak bumbu kentang mustofa sampai benar-benar masak. Dengan demikian kentang mustofa akan bertahan lebih lama. 

Tinggalkan komentar