Resep Kacang Telur

Kacang telur menjadi salah satu kue favorit yang mengisi toples-toples di atas meja saat hari besar tiba untuk disajikan kepada tamu atau menjadi cemilan saat menikmati waktu luang.

Rasa kacang telur dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing karena bisa dijadikan cemilan manis atau asin.

Cara membuat kacang telur juga tidak terlalu sulit dan ribet sehingga bisa dibuat sendiri di rumah.

Cara Membuat Kacang Telur - Resep Kacang Telur

Resep ini bisa membantu bagi kamu yang baru mau mencoba membuat kacang telur sendiri.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu:

  • 500 gram kacang tanah yang sudah dipisahkan dengan kulitnya
  • 400 gram tepung terigu protein rendah
  • 4 sendok makan margarin yang sudah dilelehkan
  • 2 butir telur
  • ½ sendok teh garam
  • 200 gram gula pasir atau sesuai selera
  • Untuk kacang telur rasa asin, bisa ditambahkan secukupnya kaldu bubuk atau penyedap rasa
  • 5 siung bawang putih yang sudah dihaluskan. Pastikan benar-benar halus.
  • Secukupnya minyak goreng atau minyak sayur

Cara Membuat Kacang Telur

Apabila bahan-bahan di atas sudah lengkap, yuk mulai proses pembuatan kue kacang telur.

  1. Siapkan wajan lalu panaskan dengan api sedang tanpa minyak, sangrai kacang yang sudah dipisahkan dengan kulitnya hingga matang. Sisihkan sampai dingin atau suhu ruang.
  2. Siapkan wadah dan saringan, lalu masukkan tepung terigu ke dalam wadah dengan cara diayak agar tidak ada yang menggumpal. Nantinya tepung terigu ini akan dijadikan untuk taburan. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.
  3. Siapkan wadah lain yang cukup besar (mangkuk besar atau baskom), lalu masukkan telur, margarin yang sudah dilelehkan, gula pasir, garam, dan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam wadah besar tersebut. Kocok semua bahan agar tercampur rata dengan menggunakan whisk sampai gula pasir larut dan menyatu.
  4. Setelah adonan tercampur rata, beri 5 sendok makan adonan telur ke kacang tanah. Aduk sampai rata menggunakan spatula.
  5. Lalu masukkan kacang ke dalam tepung terigu yang tadi sudah diayak. Ratakan agar tepung menempel ke seluruh permukaan kacang sampai merata.
  6. Siapkan wadah lain yang masih bersih, masukkan kacang yang sudah dibalur tepung tersebut ke dalam wadah lain yang masih bersih tersebut dengan terlebih dahulu diayak agar tepung yang menempel pada kacang menjadi rata.
  7. Tambahkan lagi 5 sendok adonan telur ke kacang yang sudah dilumuri tepung tadi. Aduk kembali hingga rata menggunakan spatula.
  8. Ulangi lagi untuk menuang kacang tadi ke adonan tepung. Kembali ayak agar tepung menempel kedua kalinya ke kacang sampai berbentuk bulat.
  9. Ulangi langkah di atas sampai semua adonan tepung habis dan sampai tepung yang menempel pada kacang menjadi tebal.
  10. Jika semua adonan sudah habis dan tepung pada kacang dirasa sudah cukup tebal, siapkan wajan lalu beri minyak yang cukup banyak, panaskan minyak dengan api sedang untuk menggoreng kacang telur. 
  11. Jika minyak sudah panas, kecilkan api lalu goreng kacang telur sambil terus diaduk. Goreng kacang sampai berubah warna kecoklatan dan matang.
  12. Apabila kacang sudah matang, angkat dan tiriskan. Biarkan kacang hingga suhu ruang.
  13. Ketika kacang sudah dingin. Masukkan kacang telur ke dalam toples lalu tutup rapat agar kerenyahan kacang telur awet saat disimpan.

Kue kacang telur siap untuk disajikan di atas meja.

Tinggalkan komentar