Resep Kacang Bawang

Kacang bawang memang terkenal dengan rasa gurihnya yang membuat orang susah untuk berhenti memakannya apalagi ditambah aroma bawang putih yang semakin menambah kenikmatan dari kacangnya.

Kacang bawang menjadi salah satu jajanan yang sering disajikan pada saat kumpul keluarga, teman atau di saat hari besar tiba karena cara membuatnya yang cukup mudah dan biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan-bahannya juga tidak mahal.

Resep kali ini akan menghasilkan kacang bawang dengan rasa gurih dan sedikit asin agar rasanya lebih bervariasi. Tapi bagi kalian yang ingin membuat kacang bawang yang memiliki rasa gurih saja, lewati step penaburan garam/penyedap rasa di akhir langkah pembuatan kacang bawang ya.

Cara Membuat Kacang Bawang - Resep Kacang Bawang

Yuk mulai coba sendiri buat kacang bawang dengan menyiapkan beberapa bahan berikut:

Bahan-bahan

  • 500 gr kacang tanah, kupas dan bersihkan terlebih dahulu hingga benar-benar bersih tanpa kulit dan air (cukup dibersihkan dengan menggunakan tangan atau diayak tidak perlu dicuci dengan air)
  • 5 siung bawang putih yang diiris tipis-tipis
  • 5 siung bawang yang dihaluskan
  • 500 ml santan kelapa setengah cair
  • 5 Siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 sendok teh penyedap rasa bubuk (ayam atau sapi)
  • Secukupnya minyak goreng

Cara membuat kacang bawang

  1. Siapkan panci yang sudah berisi santan, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan garam. Aduk rata semua bahan tersebut, kemudian rebus dengan api sedang hingga mendidih, lalu matikan kompor. Jangan gunakan api besar karena akan memecah santan.
  2. Kemudian, setelah santan mendidih dan kompor dimatikan, masukkan kacang tanah ke dalam panci berisi santan, lalu aduk hingga kacang dan santan tercampur rata kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam. 
  3. Jika sudah 2 jam, saring kacang kemudian tiriskan.
  4. Siapkan wajan yang sudah diberi minyak goreng, panaskan dengan api sedang. Kemudian masukkan irisan bawang putih  goreng hingga berubah warna menjadi kekuningan atau hingga matang. Jika sudah matang, tiriskan dari minyak hingga benar-benar kering.
  5. Siapkan kembali wajan yang sudah diberi minyak kira-kira merendam kacang ketika digoreng, panaskan dengan api sedang lalu masukkan kacang yang tadi sudah ditiriskan kemudian goreng kacang hingga warnanya berubah menjadi keemasan. Lalu angkat kacang yang sudah matang, tiriskan minyaknya hingga benar-benar kering.
  6. Siapkan wadah seperti baskom, masukkan kacang goreng dengan bawang putih goreng yang sudah matang dan kering dari minyak, kemudian aduk rata. Taburkan kaldu bubuk 1 sendok teh sambil terus diaduk (boleh diganti dengan garam).
  7. Jika sudah dingin, masukkan ke dalam toples. Kacang bawang gurih asin siap untuk disajikan.

Tips:

  • Simpan di toples yang benar-benar tertutup rapat dan ditempat yang kering
  • Gunakan  kacang dengan kualitas baik, agar tidak mudah berbau tengik.

Tinggalkan komentar