Resep Es Lilin Pelangi Nutrijel

Bagi Ibu-Ibu, menjaga asupan anak memang termasuk yang lumayan sulit untuk dilakukan apalagi ketika anak sudah tumbuh besar dan memasuki usia sekolah. Memantau makanan dan jajanan yang dikonsumsi anak bukan hal yang mudah.

Oleh karena itu, salah satu cara agar anak tidak banyak jajan di luar adalah dengan memenuhi kebutuhan asupannya dengan membuat sendiri dan menyediakan makanan-makanan dan jajanan yang menarik di rumah.

Salah satu ide jajanan yang murah dan mudah dibuat, tentunya disukai oleh anak-anak adalah es pelangi atau yang biasa disebut Es mambo. Es pelangi memiliki warna warni yang sangat memikat anak-anak dengan rasanya yang manis dan tentunya segar. Selain sebagai cemilan untuk anak-anak, kamu juga bisa menikmatinya sendiri ketika hari sedang panas.

Cara Membuat Es Pelangi - Resep Es Lilin Pelangi Nutrijel

Cara membuat es pelangi sendiri terbilang cukup mudah dan murah. Yuk coba sendiri buat di rumah dengan menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan-bahan

  • Siapkan plastik es lilin secukupnya
  • 1 bungkus nutrijell plain
  • 3 sendok makan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air matang
  • 2 sendok makan susu kental manis
  • 200 gram gula pasir, dapat dikurangi atau ditambah sesuai dengan selera manis masing-masing
  • 700 ml air santan cair
  • Pewarna khusus makanan warna kuning, biru, hijau dan pink (warnanya dapat disesuaikan dengan selera kamu ya)

Cukup mudah bukan bahan-bahan yang harus dipersiapkan? Yuk sekarang mulai membuat es pelanginya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Membuat Es Lilin Pelangi

  1. Siapkan panci bersih dalam kondisi kering, kemudian masukkan bubuk nutrijell yang plain. Tuangkan air santan cair, kemudian aduk hingga larut dan tidak ada gumpalan. Gunakan whisk untuk mempermudah pelarutan bahan.
  2. Nyalakan api sedang, masak nutrijell santan sambil terus diaduk tambahkan gula pasir dan juga susu kental manis. Terus aduk nutrijell hingga gula larut dan airnya mendidih.
  3. Jika adonannya sudah mendidih, masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan, aduk terus hingga adonan nutrijell menjadi kental.
  4. Jika tekstur adonan sudah mengental, matikan kompor dan biarkan uap panas pada adonan nutrijellnya hilang dan adonan menjadi agak dingin.
  5. Sambil menunggu adonan dingin, siapkan 4 wadah seperti mangkuk untuk diisi 4 warna yang berbeda. Kemudian tuang adonan nutrijell ke dalam 4 mangkuk tadi, bagi adonan secara rata.
  6. Beri pewarna makanan biru, kuning, hijau, dan pink pada masing-masing mangkuk. Aduk hingga adonan berubah sesuai pewarnanya. 
  7. Jika semua warnanya sudah jadi, tuang masing-masing warna ke dalam plastik es lilin satu persatu secara berurutan hingga urutan warnanya menjadi cantik dan menarik. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk mengikat ujung plastik es lilinnya dengan menggunakan karet.
  8. Lakukan langkah nomor 7 di atas hingga semua bahan es pelanginya habis.
  9. Cek apakah es pelangi yang sudah dimasukkan ke dalam plastik dan sudah diikat tersebut sudah benar-benar dingin. Jika sudah dingin, masukan es pelanginya ke dalam freezer dan diamkan hingga membeku.
  10. Sajikan es pelangi jika sudah beku ya. Selamat mencoba sendiri di rumah!

Tinggalkan komentar