Resep Donat Tanpa Ragi - Resep Donat Tanpa Ragi
Kue Basah

Resep Donat Tanpa Ragi

Bagi yang sering membuat donat atau roti pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ragi atau pengembang yang berfungsi untuk membuat empuk donat atau roti tersebut.

Donat atau roti yang menggunakan ragi dalam adonannya akan lebih mudah mengembang sehingga menghasilkan donat atau roti yang empuk dan lezat. Selain itu ragi juga dapat menambahkan aroma khas kue dan cita rasa pada kue atau donat itu sendiri.

Banyak sekali ragi instan yang dijual di supermarket, pasar-pasar tradisional maupun toko-toko penjual bahan-bahan pembuat kue dan roti yang ada di sekitar kita.

Tetapi, ada bahaya yang mengintai apalagi bagi kalian yang sangat menyukai makan donat, apabila mengonsumsi donat yang menggunakan ragi instan secara berlebihan dapat menyebabkan perut kembung, seriawan bahkan infeksi pada saluran pencernaan.

Solusinya adalah dengan membuat sendiri donat sehat tanpa ragi di rumah. Dijamin mudah dan tentunya lebih terjamin kesehatannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup sederhana kok karena bisa ditemukan di minimarket sekitar kamu.

Bahan-bahan

Berikut bahan-bahan pembuatan donat tanpa ragi yang harus kamu siapkan:

  • 500 gr tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 125 ml susu putih cair (plain atau full cream) secukupnya
  • 1 sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh garam masak
  • 5 sendok makan gula pasir (boleh ditambahkan sesuai selera)
  • ½ sendok teh SP (emulsifier atau pelembut)
  • 3-4 sendok makan margarin yang dilelehkan
  • Minyak goreng untuk menggoreng donat (secukupnya)

Langkah-langkah

Setelah semua bahan-bahannya siap, ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini:

  1. Siapkan panci atau baskom lalu campurkan dan aduk rata seluruh tepung terigu, gula pasir, garam, baking powder dan SP (emulsifier) menggunakan spatula.
  2. Lalu masukkan 2 buah telur ke dalam adonan lalu campurkan kembali hingga rata.
  3. Apabila sudah tercampur rata, saya menggunakan tangan untuk mengaduk dan mencampur adonan. Jadi terlebih dahulu saya mencuci tangan hingga bersih lalu baluri dengan sedikit minyak agar adonan tidak lengket dan menempel pada tangan pada saat diaduk.
  4. Lalu tuangkan susu cair ke dalam adonan tadi dan juga margarin yang sudah dilelehkan. Aduk menggunakan tangan, uleni hingga teksturnya menjadi kalis.
  5. Apabila sudah dirasa cukup kalis, diamkan terlebih dahulu adonan kurang lebih selama 30 menit dan jangan lupa ditutup menggunakan kain bersih.
  6. Apabila sudah 30 menit, buka adonan dan uleni kembali menggunakan tangan hingga teksturnya menjadi lebih elastis.
  7. Setelah itu, mulailah mencetak adonan donat menjadi bentuk yang diinginkan bisa menggunakan cetakan atau cukup dengan menggunakan tangan saja.
  8. Setelah selesai mencetak semua adonan, tuangkan minyak ke dalam wajan secukupnya kira-kira donat dapat terendam sehingga dapat matang sempurna lalu panaskan minyak. Gunakan api sedang agar panas merata.
  9. Apabila dirasa sudah cukup panas, goreng donat hingga berwarna emas kecokelatan dan jangan lupa untuk dibalik agar dapat matang sempurna.
  10. Jika warnanya sudah mulai kecokelatan, angkat lalu tiriskan terlebih dahulu untuk mengurangi minyak.

Donat sehat tanpa ragi siap disajikan sebagai cemilan di pagi atau sore hari. Selamat mencoba, ya!

Tinggalkan Balasan