Resep Dadar Jagung

Dadar jagung atau banyak juga yang menyebutnya bakwan jagung jadi salah satu jajanan gurih yang banyak disukai anak-anak maupun dewasa.

Selain bisa dijadikan cemilan, dadar jagung juga cocok untuk dijadikan lauk makan ditambah nasi hangat dan sambal pedas, dijamin kamu pasti gak mau berhenti makan.

Cara membuat dadar jagung terbilang cukup mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup sederhana tentunya mudah ditemukan di mana-mana. Salah satu yang menjadi penentu kerenyahan bakwan jagung adalah penggunaan minyak goreng dengan jumlah dan suhu yang pas.

Cara Membuat Dadar Jagung - Resep Dadar Jagung

Kalau begitu, yuk kita mulai saja siapkan bahan-bahan untuk membuat dadar jagung.

Bahan-bahan

  • 2 batang jagung atau sekitar 300 gr biji jagung
  • 150 gr tepung terigu rendah protein
  • 3 siung bawang merah
  • 1 butir telur ayam
  • 1 batang daun bawang yang diiris tipis-tipis
  • 2 siung bawang putih
  • 1 batang seledri yang diiris tipis-tipis
  • 1 sendok teh bubuk ketumbar
  • ½ sendok teh merica bubuk (sesuai selera)
  • 2 lembar daun jeruk yang diiris tipis-tipis untuk penambah aroma (optional)
  • Penambah rasa seperti garam dan gula pasir
  • Secukupnya air matang
  • Secukupnya minyak goreng
  • Optional, boleh ditambahkan dengan wortel yang diiris tipis-tipis sebagai tambahan isi

Cara Membuat Dadar Jagung

Apabila semua bahan sudah siap, mulailah membuat adonan dadar jagung dengan langkah-langkah ini.

  1. Siapkan blender atau ulekan, masukkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, bawang merah, daun jeruk. Haluskan sampai benar-benar halus.
  2. Siapkan mangkuk, sisir  jagung di atas mangkuk sampai bersih lalu tumbuk sedikit bulir jagung agar teksturnya menjadi lunak, jangan sampai halus ya agar masih terasa tekstur jagungnya.
  3. Siapkan wadah seperti baskom, lalu masukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan, jagung yang sudah ditumbuk, telur, tepung terigu lalu aduk semuanya hingga tercampur rata menggunakan spatula atau sendok.
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan sampai tekstur adonan menjadi kental, jangan terlalu cair karena nanti sulit untuk digoreng.
  5. Jika adonan sudah bertekstur kental, masukkan bumbu dan bahan isian lainnya seperti ketumbar, merica, gula, daun bawang, seledri dan wortel (apabila menggunakan). Aduk kembali hingga semua bumbu tercampur merata. Jangan lupa untuk mencicipi sedikit saja adonan agar dapat mengoreksi rasa adonan dadar bakwan dan  menambahkan bumbu yang kurang sebelum digoreng.
  6. Jika rasa dan tekstur adonan dadar jagung dirasa sudah pas, siapkan kembali wajan bersih, tuang minyak goreng yang cukup banyak lalu panaskan dengan api sedang. Jika sudah panas, ambil satu centong sayur adonan (atau bisa menggunakan sendok) lalu tuang ke dalam minyak panas sambil diratakan. Goreng dadar jagung hingga berwarna keemasan jangan lupa dibalik agar matang merata.
  7. Apabila sudah matang dan warna sudah merata, angkat dadar jagung dan tiriskan terlebih dahulu minyaknya sebelum disajikan.
  8. Tata di atas piring, sajikan selagi hangat.

Tips:

  1. Sajikan dengan sambal kacang, cabai utuh atau sambal bawang matang agar lebih nikmat atau jika ingin lebih praktis adonan dadar jagung dapat dicampur juga dengan potongan cabai untuk mendapatkan sensasi pedas
  2. Buat dadar jagung setipis mungkin agar cepat matang dan menjadi krispi
  3. Sajikan ketika masih hangat, jika sudah terlalu lama tekstur dadar jagung akan berubah jadi lembek
  4. Saat akan menggoreng, tuang minyak goreng kira-kira sampai dadar jagung dapat tenggelam ketika digoreng

Tinggalkan komentar