Resep Cilung Telur Puyuh Gulung

Resep Cilung Telur Puyuh Gulung  – Salah satu makanan yang bercita rasa enak dan terasa ringan adalah Cilung. Makanan khas Jawa Barat ini terlihat tak jauh berbeda dengan telur dadar.

Tak heran karena salah satu bahan utamanya adalah telur. Tak hanya telur ayam, telur puyuh juga dapat digunakan untuk membuat makanan yang disukai oleh anak-anak ini. Cara pembuatan-nya tidak jauh berbeda dengan cilung yang menggunakan telur ayam.

Cara Membuat Cilung Telur Puyuh Gulung

Cara Membuat Cilung Telur Puyuh

Untuk menambah kelezatan-nya, cilung dapat dibuat dengan variasi lain agar tidak membosankan. Variasinya dapat berupa penambahan bahan isinya sesuai selera yang membuatnya.

Bahan isi tersebut dapat berupa abon, kornet, atau keju yang telah di parut sebelumnya. Pada kesempatan ini, resepkuerenyah.com akan mengulas mengenai hadirkan resep cilung telur puyuh gulung yang enak dan nikmat.

Resep ini merupakan resep dasar cilung yang sangat praktis dan sederhana. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya sangat mudah ditemukan dengan harga yang cukup terjangkau.

Silahkan simak bahan-bahan dan langkah-langkah cara membuat cilung telur puyuh gulung yang enak dan nikmat di bawah ini.

Resep Cilung Telur Puyuh

Simak Resep Cara Membuat Cilung Telur Puyuh Gulung Berikut:

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Cilung Telur Puyuh:

  • Telur puyuh sejumlah 4 butir
  • Tepung sagu sebanyak 2 sendok makan
  • Garam halus secukupnya
  • Merica bubuk sebanyak 1 sendok teh
  • Air bersih sebanyak 8 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnya
  • Tusuk sate secukupnya

Cara membuat Cilung Telur Puyuh:

  1. Siapkan wadah untuk menempatkan tepung sagu dan air bersih. Kocok kedua bahan tersebut hingga tercampur rata. Lalu disisihkan sebentar.
  2. Pada wadah yang berbeda, masukkan semua telur puyuh. Lalu kocok telur puyuh dengan ditambah merica bubuk dan garam halus hingga tercampur rata.
  3. Panaskan wajan untuk memasak cilung dengan menggunakan api sedang. Kami sarankan untuk memasaknya dengan menggunakan wajan anti lengket atau teflon dengan permukaan datar, agar adonan cilung tidak lengket dan mudah digulung.
  4. Oles wajan anti lengket tersebut dengan minyak goreng secukupnya. Lalu masukkan campuran tepung sagu dan air. Goyang-goyang kan atau miring-miringkan wajan agar larutan tepung sagu tersebar rata di permukaan wajan.
  5. Tambahkan kocokan telur sebanyak 2 sendok makan juga. Sama seperti sebelumnya, goyang-kan dan miringkan wajan agar telur melebar dan menyatu dengan larutan tepung sagu.
  6. Setelah terlihat matang, ambil cilung dari wajan anti lengket dengan cara digulung-gulung dengan menggunakan tusuk sate. Lakukan hal ini dengan cepat hingga tusuk sate terlilit cilung.
  7. Cilung telur puyuh yang telah matang dapat disajikan atau langsung disantap dalam keadaan hangat.

Agar lebih nikmat disantap, Anda dapat menambahkan saus sambal atau saus tomat sebagai cocolan-nya.

Baca juga : Cara Membuat Cilung Abon

Demikian ulasan mengenai resep cara membuat cilung telur puyuh yang enak dan nikmat. Selamat mencoba resep praktis dan enak ini di rumah. Akan terasa sangat menyenangkan jika membuatnya bersama keluarga atau buah hati tercinta.

Tinggalkan komentar