Resep Membuat Jajanan Peuyeum Ala Bandung
Masakan Indonesia

Resep Cara Membuat Peuyeum Bandung

Resep Cara Membuat Peuyeum Khas Bandung – Peuyeum adalah nama olahan singkong yang dicampur ragi dan didiamkan hingga berhari-hari sampai menjadi lembek seperti pisang matang.

Cara Membuat Peuyeum Bandung

Sebenarnya peuyeum tidak hanya dibuat dari singkong saja tetapi juga dapat dengan menggunakan beras ketan putih dan beras ketan hitam. Peuyeum berbahan dasar beras ketan ini juga disebut dengan peuyeum ketan.

Singkong yang telah dibuat peuyeum akan berasa manis dan sedikit asam dengan tekstur-nya yang lembek. Peuyeum ini dapat dimakan langsung atau juga di kreasi-kan kembali menjadi jajanan lain seperti colenak.

Membuat Colenak yaitu dengan memotong-motong peuyeum lalu membakar-nya hingga sedikit berkerak dan baru kemudian dinikmati bersama saus gula. Atau juga dapat menjadi pelengkap sajian seperti pelengkap es doger, es campur atau pelengkap kolak.

Dalam pembuatan singkong menjadi peuyeum dibutuhkan waktu kurang lebih tiga hari lamanya untuk menghasilkan peuyeum yang bagus. Proses yang dilakukan ialah dengan mendiamkan singkong yang sudah dilumuri ragi dalam wadah beralas daun pisang.

Kemudian membiarkannya tertutup dengan udara hangat di dalamnya. Selama proses ini pula wadah yang digunakan dalam proses pembuatan peuyeum jangan sampai dibuka tutup karena akan merusak hasil peuyeumnya nanti.

Lebih jelasnya mengenai cara pembuatan peuyeum, kali ini resepkuerenyah.com akan mengulas resep peuyeum Bandung yang enak di bawah ini.

Resep Membuat Jajanan Peuyeum Ala Bandung

Simak Resep Cara Membuat Peuyeum Bandung yang Enak berikut:

Bahan-bahan untuk membuat peuyeum:

  • Singkong
  • Daun pisang
  • Ragi (halus-kan)
  • Air secukupnya

Cara Membuat Singkong Menjadi Peuyeum:

  1. Singkong di kupas dan di kerik sampai bersih lalu dipotong atau dibiarkan memanjang. Setelah itu, bilas singkong sampai bersih dan tiriskan.
  2. Rebus singkong hingga matang lalu angkat dan tiriskan.
  3. Simpan singkong yang sudah direbus matang dalam wadah ember dan biarkan dingin.
  4. Setelah singkong rebus dingin, taburi singkong dengan ragi yang sudah di halus-kan sampai merata.
  5. Kemudian pindahkan singkong yang sudah bercampur dengan ragi pada wadah yang sudah diberi alas daun pisang lalu tutup rapat dengan daun singkong dan wadah penutup.
  6. Tunggu selama kurang lebih 3 hari sampai singkong terasa lembek dan menjadi peuyeum. Keluarkan.
  7. Peuyeum siap dihidangkan dan dinikmati.

Baca juga : Cara Membuat Awug Khas Bandung

Itulah beberapa cara yang bisa coba Anda lakukan dalam membuat jajanan peuyeum khas Bandung. Silahkan Anda mencoba da melakukan kreasi dengan bahan singkong untuk dijadikan makanan enak lainnya, selamat mencoba.

5/5 (2 Reviews)

Leave a Reply