Resep Bubur Sagu Mutiara - Resep Bubur Sagu Mutiara
Masakan Indonesia

Resep Bubur Sagu Mutiara

Salah satu hidangan penutup atau dessert yang banyak digemari oleh anak-anak hingga dewasa adalah bubur salah satunya yaitu bubur sagu mutiara dengan rasanya yang gurih dan bercampur manis yang tidak berlebihan membuatnya nikmat dihidangkan hangat maupun dingin.

Bubur sagu mutiara juga sangat mudah dibuat di rumah loh dan bahan-bahannya juga mudah ditemukan di supermarket maupun pasar tradisional.

Berikut resep dan langkah-langkah mudah tetapi dijamin berhasil buat kamu yang baru pertama kali mencoba membuat bubur sagu mutiara di rumah:

Bahan-bahan

Untuk membuat 3 porsi bubur sagu mutiara, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan di bawah ini:

  • 250 gram sagu mutiara
  • 1 liter air matang (disarankan suhu hangat, jangan air panas)
  • 150 gram gula pasir
  • 500 ml air
  • 2-3 lembar daun pandan (sesuai selera apabila ingin lebih wangi bisa ditambahkan secukupnya)

Untuk kuah santannya, saya menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 300 ml santan kental
  • 2 lembar daun pandan
  • ½ sendok teh garam untuk menambahkan rasa gurih

Cara membuat bubur sagu mutiara

  1. Pertama, rendam dahulu sagu mutiara yang sudah kamu beli dengan 1 liter air hangat untuk mempercepat proses perendaman agar cepat lunak. Tidak disarankan menggunakan air panas karena dapat merusak sagu mutiaranya. Jangan lupa tiriskan apabila sudah melunak. Proses ini kira-kira memakan waktu selama 1 jam.
  2. Apabila sagu mutiaranya sudah melunak, lanjutkan dengan memasak 500 ml air yang sudah dicampur dengan 2-3 lembar daun pandan dan 150 gram gula pasir. Tunggu hingga mendidih.
  3. Apabila sudah mendidih, tuangkan sagu mutiara tadi ke dalam air yang mendidih tersebut, aduk hingga kental dan kembali mendidih, lalu angkat.
  4. Langkah selanjutnya adalah membuat kuah santan dengan mencampurkan 300 ml santan, 2 lembar daun pandan dan ½ sendok teh garam agar kuah santan terasa lebih gurih. Aduk terus hingga mendidih jangan berhenti agar santannya tidak pecah lalu angkat. Pada proses ini apabila kamu menyukai jenis kuah santan yang lebih cair, kamu dapat mencampur santan kental dengan santan cair dengan perbandingan 2:1 ya.

Bubur sagu mutiara siap untuk dihidangkan selagi hangat, mudah bukan?

Bagi kamu yang lebih suka dihidangkan dingin, tunggu hingga santan dan sagu mutiaranya suhu ruang ya, lalu bisa dicampurkan dengan es batu supaya lebih nikmat.

Untuk porsi lebih banyak, kamu tinggal sesuaikan saja ya jumlah bahan-bahan yang digunakan. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan