Resep Bolu Kukus Oreo

Oreo jadi salah satu biskuit yang memiliki banyak peminat. Ternyata selain nikmat dikonsumsi secara langsung, oreo juga bisa dijadikan bolu kukus loh. Rasa bolu kukus oreo ini tentu sama nikmatnya. Cara membuat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus oreo sangatlah mudah dan murah sehingga bisa dibuat sendiri di rumah. 

Bahan yang dibutuhkan bisa kamu dapatkan di minimarket atau supermarket terdekat. Kamu juga tidak perlu mixer untuk membuat bolu kukus oreo. Jika tidak punya oven, kamu dapat mengukus bolu oreo dengan menggunakan magic com atau dikukus di atas kompor.

Bolu kukus oreo ini sangat cocok untuk disajikan ketika ada acara keluarga atau sekedar untuk dinikmati bersama kopi dan teh di sore hari.

Cara Membuat Bolu Kukus Oreo - Resep Bolu Kukus Oreo

Daripada penasaran, yuk buat sendiri bolu kukus oreo ala kamu di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan 3 bahan di bawah ini:

Bahan-bahan

  • 2 bungkus oreo varian original (atau boleh menggunakan varian lain sesuai selera)
  • 250 ml susu cair rasa vanilla
  • Secukupnya gula (optional)
  • Secukupnya margarin untuk mengolesi loyang

Resep ini bisa menghasilkan oreo ukuran sedang yang dinikmati 2-3 orang. Jika ingin menambahkan porsi, jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah bahan-bahan yang digunakan ya agar rasa bolu kukus oreonya tetap seimbang.

Setelah semua bahan utama yang disebutkan di atas sudah tersedia, kamu dapat mulai membuat bolu kukus oreo dengan mengikuti langkah pembuatannya sebagai berikut:

Cara Membuat Bolu Kukus Oreo

  • Siapkan loyang atau wadah tahan panas yang akan digunakan untuk mengukus. Olesi loyang atau wadah tersebut dengan menggunakan margarin secukupnya. Olesi secara merata. Sisihkan terlebih dahulu.
  • Hancurkan oreo sampai benar-benar halus tambahkan dengan sedikit susu cair. Haluskan dengan menggunakan blender. Tuangkan sisa susu cair secara bertahap sedikit demi sedikit sambil terus diblender sampai benar-benar lembut dan adonannya menjadi kental.
  • Jika sudah dipastikan adonannya sudah halus dan mengental, Jangan lupa untuk dicicipi agar dapat mengoreksi rasa dan menambahkan gula apabila dirasa kurang manis atau jika kemanisan, tambahkan sedikit garam. Apabila rasanya sudah pas, tuang adonan oreo ke dalam loyang yang tadi sudah diolesi margarin.
  • Panaskan kukusannya terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit sampai panas kemudian masukkan adonan dalam loyang tadi dan kukus adonan oreo hingga matang, mengembang dan menjadi empuk kurang lebih selama 20-30 menit.
  • Cek adonan apakah sudah matang dan mengembang sempurna. Jika sudah matang, angkat dan biarkan dahulu hingga bolu menjadi dingin atau minimal suhu ruang.
  • Jika bolu sudah dingin, keluarkan bolu dari dalam loyang. Kemudian potong-potong sesuai selera.
  • Bolu kukus oreo siap untuk disajikan dan dinikmati bersama keluarga. Selamat mencoba sendiri di rumah.

Tips:

Agar bolu kukus oreo kamu lebih kaya rasa dan lebih nikmat, kamu bisa menambahkan berbagai topping lainnya seperti keju, meses, whipped cream, selai atau sesuai selera.

Tinggalkan komentar