Resep Bakpao Lembut

Membuat Bakpao yang lembut dan mengembang cantik memang gampang gampang susah. Karena dibutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk menjaga tekstur adonannya agar lembut dan tidak bergerindil.

Ada trik untuk membuat tekstur adonan Bakpao lembut sempurna, yaitu dengan memasukkan mentega putih setelah bahan-bahan lainnya sudah tercampur rata. Perhatikan cara mencampurkan air ke dalam adonan, masukkan air secara perlahan sedikit demi sedikit supaya pembentukan gluten sempurna dan adonan jadi tidak terlalu lembek.

Hal lain yang harus diperhatikan saat membuat Bakpao adalah suhu dalam panci kukusan, jangan mengukus bakpao terlalu lama menggunakan api kecil. Jangan di kukus di atas api yang besar karena Bakpao akan menjadi keriput.

Cara Membuat Bakpao Lembut - Resep Bakpao Lembut

Yuk langsung saja coba cara dan resep membuat Bakpao lembutnya, kali ini isian Bakpao kita buat yang isi kacang hijau ya.

Bahan-bahan

Pertama siapkan beberapa bahan di bawah ini:

Bahan 1 :

  • 150 ml susu cair plain atau vanilla yang sudah dihangatkan (dalam kondisi hangat)
  • ½ bungkus ragi instan
  • 1 ½ sendok makan gula pasir

Bahan 2 :

  • ¼ kg tepung terigu rendah protein
  • 2 sendok makan gula halus
  • ¼ sendok teh garam

Bahan 3 :

  • 1 ½ sendok makan mentega putih

Bahan Isian:

  • ¼ kg kacang ijo yang sudah dikupas dan direndam selama 2 jam menggunakan air hangat
  • 12 sendok makan gula pasir atau bisa disesuaikan dengan selera rasa manisnya (takaran ini sudah cukup manis, bagi yang tidak terlalu suka manis bisa dikurangi)
  • 200 ml santan cair atau 1 sachet susu bubuk rasa vanilla yang dicairkan dengan air 200 ml
  • 2 sendok makan margarin
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Bakpao Lembut

Langkah membuat isian:

  1. Rebus kacang hijau yang sudah dikupas dan direndam selama 2 jam sampai empuk, haluskan menggunakan blender bersama dengan santan atau susu yang sudah dicairkan
  2. Siapkan wajan, masukkan margarin, gula, garam dan vanili, lalu panaskan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk agar tercampur rata dan bagian bawah tidak gosong.
  3. Masak sampai adonan menjadi kesat dan mudah dibentuk. Lalu dinginkan agar semakin kesat. Jika sudah dingin, ambil sedikit demi sedikit lali bentuk-bentuk menjadi bulat sebagai isian Bakpao.

Sekarang mulai membuat roti Bakpaonya. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan mangkuk atau baskom, masukkan semua bahan 1 ke dalam mangkuk, lalu campur hingga merata. Aduk atau biarkan selama kurang lebih 15 menit sampai berbusa.
  2. Siapkan wadah lain, lalu masukkan semua bahan 2, aduk hingga rata menggunakan spatula. Lalu campurkan bahan 1 yang sudah berbusa, aduk lagi dengan spatula hingga adonan menggumpal.
  3. Jika sudah menggumpal, uleni adonan dengan menggunakan tangan hingga setengah kalis. Jangan lupa taburi tangan dengan terigu sebelum menguleni agar adonan tidak menempel. 
  4. Kemudian campurkan semua bahan 3 ke dalam adonan kemudian uleni lagi menggunakan tangan hingga benar-benar kalis. Jangan tambahkan bahan lain, terus uleni hingga kalis.
  5. Ambil adonan secukupnya, lalu bentuk pipih dan beri isian. Tata di atas kertas roti, diamkan selama 15 menit.
  6. Kukus di atas api yang sudah mendidih dengan api sedang selama 10 menit. Jangan lupa alasi tutup kukusan menggunakan serbet.

Tips:

  • Jika isian terlalu ribet, ganti isian dengan menggunakan bahan lain yang lebih mudah dan praktis sehingga tidak perlu diproses terlebih dahulu seperti meses coklat, coklat batangan, keju atau bisa juga dengan menggunakan selai. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar