Resep Ayam Kremes

Ingin makan ayam goreng yang tidak biasa? Kamu bisa pilih menu ayam goreng kremes yang renyah dan gurih. Dengan kremesan yang menyelimuti daging ayam membuat rasa masakan ini menjadi lebih gurih dan nikmat. Cara membuatnya pun cukup mudah.

Cara Membuat Ayam Kremes - Resep Ayam Kremes

Berikut resep ayam kremes untuk kamu buat sendiri di rumah. 

Bahan-bahan

  • Daging ayam – 1 ekor
  • Air jeruk nipis – 1 sdm
  • Air kelapa – 1 liter
  • Daun salam – 2 lembar
  • Minyak goreng – 1 liter minyak goreng

Bahan-Bahan Bumbu Halus:

  • Bawang putih – 6 siung
  • Kemiri – 6 butir
  • Ketumbar bubuk – 1 sdm
  • Kunyit bubuk   ½ sdt 
  • Garam – 2 sdt 

Bahan-Bahan Adonan Kremes:

  • Tepung tapioka – 120 gram
  • Tepung beras – 40 gram
  • Kaldu ayam – 650 ml
  • Kuning telur – 1 butir
  • Soda kue – 1 sdt

Cara Membuat Ayam Kremes

  1. Cuci bersih daging ayam dan potong menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  2. Dengan menggunakan garpu, tusuk-tusuk dada ayam untuk membuat bumbu meresap ke dalam daging saat direbus.
  3. Haluskan 6 siung bawang putih, 6 butir kemiri, 1 sdm ketumbar bubuk, 2 sdt garam San ½ sdt kunyit bubuk. Kamu bisa mengganti kunyit bubuk dengan sekitar 1 cm kunyit yang telah dicuci bersih. Haluskan seluruh bumbu dengan cobek atau blender hingga merata. Berikan sedikit air jika diperlukan.
  4. Masukkan daging ayam ke dalam panci dan tambahkan dengan bumbu halus yang telah disiapkan, 1 sdm perasan air jeruk nipis, air kelapa dan 2 lembar daun salam. Rebus dan ungkep di atas api sedang sampai kaldu mengental dan daging ayam lunak.
  5. Setelah bumbu meresap dan daging ayam merubah, angkat dan sisihkan.
  6. Siapkan 650 ml kaldu ayam dan tambahkan sedikit air dingin jika dibutuhkan. Sisihkan dan dinginkan.
  7. Siapkan wadah untuk membuat adonan tepung. Campurkan 40 gram tepung beras, 120 gram tepung tapioka, dan 1 sdt soda kue. Aduk hingga merata.
  8. Campurkan adonan tepung tersebut dengan 1 butir kuning telur, dan larutan kaldu ayam yang sudah disisihkan sebelumnya. Aduk hingga merata. Tak perlu khawatir karena adonan tepung memang seharusnya menjadi sangat encer. 
  9. Panaskan minyak goreng dalam wajan yang anti lengket dengan suhu tinggi. Tunggu sampai benar-benar panas agar kremes terbentuk sempurna nantinya.
  10. Jika minyak sudah benar-benar panas, ambil adonan tepung dengan 1 sendok sayur besar dan segara tuangkan secara merata ke dalam wajan.
  11. Biarkan sampai buih menghilang. 
  12. Jika buih sudah hilang dan kremesan mulai mengeras tetapi tidak terlalu kering, segera kumpulkan kremesan yang mengambang di atas permukaan minyak dengan sutil. Kecilkan api perlahan.
  13. Celupkan daging ayam yang telah diungkep ke dalam adonan tepung.
  14. Masukkan daging ayam ke bagian tengah sarang kremesan. Segera selimut potongan ayam dengan sarang kremesan hingga benar-benar tertutupi dengan kremesan. kamu bisa menggunakan serok untuk menahan sarang kremesan dari bawah saat memasukkan ayam. Namun kamu harus pastikan kremesan masih terendam di dalam minyak. Segera selimut ayam dengan kremesan secara menyeluruh.
  15. Goreng sampai potongan ayam dan kremesan kering berwarna kecoklatan. 
  16. Setelah matang, angkat dan tiriskan pada kertas tisu penyerap minyak.
  17. Besarkan api kembali dan lakukan kembali langkah-langkah yang sama untuk potongan ayam lainnya. Jangan lupa untuk mengaduk adonan tepung terlebih sebelum digoreng karena biasanya tepung akan mengendap jika dibiarkan beberapa waktu.
  18. Jika masih ada sisa adonan tepung, kamu bisa menggorengnya untuk nantinya ditaburi saat disajikan. 

Kamu bisa menggunakan 2 wajan berbeda untuk menggoreng kremesan dan ayam. Wajan pertama untuk menggoreng kremesan dengan api besar. Setelah ayam terbungkus dengan  kremesan, kamu bisa memindahkannya ke wajan kedua dengan api kecil untuk menggoreng ayam hingga matang. Namun dengan menggunakan 2 wajan, pergerakan yang kamu buat harus cepat. Salah sedikit kremesan akan gosong dan sulit menempel dengan potongan daging ayam.  Jangan lupa untuk menyajikan ayam kremes dengan nasi putih, sambal, dan juga lalapan. 

Tinggalkan komentar