Resep Adonan Pizza

Pizza, salah satu makanan Italia yang sudah banyak ditemukan di Indonesia.

Selain rasanya yang lezat dengan berbagai topping yang nikmat, Pizza juga cukup mengenyangkan. Namun, membuat adonan pizza yang empuk dan garing memang gampang-gampang susah, butuh trik tertentu, takaran yang pas dan juga kesabaran agar adonan empuk dan tidak menjadi bantat.

Untuk menemukan takaran yang pas, dibutuhkan percobaan berkali-kali sampai bisa menemukan adonan pizza yang empuk.

Cara Membuat Adonan Pizza - Resep Adonan Pizza

Resep yang satu ini bisa membantu kalian yang sedang ingin mencoba membuat adonan pizza sendiri di rumah tentunya dengan bahan-bahan sederhana.

Bahan-bahan

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk membuat adonan pizzanya:

  • 500 gr terigu serbaguna 
  • ½ sendok makan ragi instan
  • 1 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 200 ml air hangat
  • 3 sendok makan minyak zaitun
  • Untuk topping dapat ditambahkan sendiri sesuai selera seperti keju, sosis, beef bacon, tuna, saus tomat.

Cara Membuat Adonan Pizza

Ikuti langkah-langkah untuk membuat adonan pizza seperti di bawah ini, tahapan yang diikuti harus sesuai agar adonan tidak bantat.

  1. Siapkan baskom atau mangkuk besar, masukkan tepung terigu, garam, gula dan ragi instan lalu aduk semua hingga tercampur rata menggunakan spatula.
  2. Jika semua bahannya sudah tercampur rata, masukkan minyak zaitun lalu uleni dengan menggunakan tangan. Jangan lupa untuk cuci tangan terlebih dahulu dan memastikan tangan benar-benar bersih.
  3. Sambil terus diuleni, masukkan air hangat secara perlahan sedikit demi sedikit sampai adonan kalis. Perhatikan tekstur adonan harus benar-benar kalis dan elastis agar mudah untuk dibentuk dan tidak menjadi lembek.
  4. Terus uleni adonan selama 10-15 menit agar adonan benar-benar mudah untuk dibentuk dan elastis.
  5. Jika tekstur adonan sudah sesuai dengan yang diinginkan, bentuk adonan menjadi bulat lalu tutup wadah dengan kain bersih atau penutup lainnya dan diamkan adonan hingga kurang lebih 1 jam sampai adonan benar-benar mengembang 2 kali lipat.
  6. Jika sudah 1 jam, buka penutup wadah lalu ulen lagi adonan selama beberapa menit.
  7. Giling adonan menggunakan penggiling, jangan lupa taburi adonan terlebih dahulu dengan tepung sedikit agar tidak lengket dan menempel. Giling adonan hingga pipih.
  8. Rapikan bentuk adonan hingga menjadi bulat dan pipih atau dapat disesuaikan dengan selera bentuk pizza masing-masing.
  9. Jika bentuknya sudah rapi, adonan pizza siap untuk diberi berbagai macam topping sesuai dengan selera anda.

Jika ingin pizza yang garing di luar dan empuk di dalam, adonan bisa terlebih dahulu dipanggang di dalam oven selama kurang lebih 7 menit pada suhu 180 derajat celcius.

Lalu setelah 7 menit, beri topping sesuai selera lalu panggang lagi selama 15 menit dengan suhu sama yaitu 180 derajat celcius.

Tinggalkan komentar