Cara Membuat Tape Ketan Hitam Enak Nikmat
Minuman

Cara Membuat Tape Ketan Hitam Enak Nikmat

Cara Membuat Tape Ketan Hitam Enak Nikmat – Sekedar informasi, tape ketan hitam termasuk jenis makanan basah yang pembuatan harus melalui proses fermentasi menggunakan ragi. Makanan ini mudah kita jumpai di daerah Betawi sebagai hidangan pada momen-momen tertentu atau hari raya.

Cara Membuat Tape Ketan Hitam

Cara Membuat Tape Ketan Hitam

Cara membuat tape ketan hitam sendiri cukup mudah namun perlu memperhatikan penggunaan ragi. Intinya jika ragi terlalu banyak tape terasa lebih pengar meskipun proses fermentasinya lebih cepat.

Sebaliknya jika ragi terlalu sedikit tekstur tape cenderung lebih keras dan rasanya sedikit asam. Jadi penggunaan ragi harus ada perbandingan yang tepat dengan jumlah beras ketan.

Untuk proses fermentasi secara normal biasanya memakan waktu 2 sampai 3 hari. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak resep ketan hitam dari resepkuerenyah.com di bawah ini.

Cara Membuat Tape Ketan Hitam Enak Nikmat

Simak Resep Cara Membuat Tape Ketan Hitam Berikut:

Bahan dan Cara Membuat Tape Ketan Hitam

Untuk bahan tape ketan hitam kita hanya membutuhkan beberapa bahan:

  • Beras ketan hitam 500 gram (atau menurut selera)
  • Air panas 400 ml
  • Ragi 2 butir
  • Serta wadah untuk menyimpan selama proses fermentasi

Cara membuat tape ketan hitam adalah:

  • Rendam beras ketan hitam dalam air bersih semalaman lalu ditiriskan keesokan harinya.
  • Kukus beras ketan dalam panci tertutup sampai mengeluarkan uap. Berikutnya siram dengan 400 ml air panas kemudian di kukus kembali kurang lebih 15 menit. Setelah itu angkat dan biarkan hingga benar-benar dingin.
  • Setelah dingin ambil 1/2 dari ketan hitam yang sudah di kukus dan diratakan dalam satu wadah, selanjutnya taburkan ragi secukupnya (atau 1/2 nya saja) secara merata.
  • Tutup ketan hitam yang sudah ditaburi ragi dengan 1/2 ketan hitam yang masih tersisa. Berikutnya kita taburkan 1/2 dari ragi yang tersisa secara merata pada ketan hitam bagian paling atas sampai habis.
  • Tutup rapat-rapat wadah ketan hitam lalu dibungkus dengan kain atau plastik kemudian diletakkan ditempat yang kering atau sesuai suhu kamar.
  • Selama proses fermentasi (2 – 3 hari) sebaiknya wadah tidak dibuka. Jika sudah 3 hari wadah bisa dibuka dan tape ketan hitam sebaiknya langsung disimpan di lemari es agar lebih awet dan untuk menjaga supaya tidak over fermentasi.

Baca juga : Cara Membuat Kue Tape Singkong

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dari resep cara membuat tape ketan hitam adalah masalah tingkat kematangan ketan selama di kukus. Jika ketan terlalu lunak (terlalu lama di kukus) maka tape yang dihasilkan menjadi kurang menarik dan terlihat sangat lembek.

5/5 (1 Review)

Leave a Reply