Resep Membuat Manisan Pala Kering
Masakan Indonesia

Cara Membuat Manisan Pala Kering

Cara Membuat Manisan Pala Kering – Merasakan segarnya manisan sayur atau manisan Bogor mungkin sudah terlalu sering dan bosan. Jika memang demikian tak ada salahnya Anda mencoba manisan lain seperti manisan pala.

Rasa yang unik berupa manis, asam, segar serta ada rasa hangat di tenggorokan ini bisa menjadi camilan nikmat sekaligus penyegar badan.

Cara Membuat Manisan Pala

Cara Membuat Manisan Pala Kering

Manisan pala terbuat dari daging buah pala yang telah dibuang bijinya dan telah direndam dalam larutan air garam dan air gula hingga beberapa kali perendaman.

Di daerah Jawa Barat tepatnya Purwakarta, Anda akan sering menjumpai manisan pala yang sudah dikemas dalam wadah toples atau bungkusan plastik. Karena di daerah ini manisan pala sudah menjadi oleh-oleh khas daerah tersebut.

Anda yang sedang melancong atau mampir ke Purwakarta bisa membeli jajanan manisan pala untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Sedangkan bagi Anda yang penasaran sekali ingin mencoba membuat manisan pala, kali ini resepkuerenyah akan mengulas tentang resep manisan pala kering yang mudah.

Silahkan simak bahan-bahan dan langkah-langkah cara membuat manisan pala kering di bawah ini.

Resep Membuat Manisan Pala Kering

Simak Resep Cara Membuat Manisan Pala Kering Berikut:

Komposisi dan bahan:

  • 300 gram buah pala sebanyak
  • 1 sendok makan garam sebanyak
  • Secukupnya air putih bersih
  • 500 gram gula sebanyak
  • 1 sendok teh kapur sirih

Langkah Membuat Manisan Pala Kering:

  1. Kupas kulit buah pala lalu belah dan ambil dagingnya saja.
  2. Belahan daging pala ini kemudian diiris tipis tapi tidak sampai putus dibagian ujungnya. Hasilnya akan terlihat seperti bentuk kipas atau seperti bunga.
  3. Tuang 1 liter air ke dalam wadah dan larut kan garam ke dalamnya, aduk merata. Setelah itu masukkan daging pala yang sudah diiris tadi ke dalam larutan garam tersebut dan diamkan hingga 1 hari lamanya. Angkat dan tiriskan.
  4. Tuang kembali air dan larut kan kapur sirih ke dalamnya lalu rendam kembali daging pala yang sudah direndam dalam larutan air garam sebelumnya. Tunggu sampai 1 hari lamanya lalu angkat dan tiriskan.
  5. Selanjutnya, rebus 1 liter air yang sudah dicampurkan dengan gula sampai menjadi kental lalu angkat dan biarkan dingin.
  6. Sekali lagi daging pala di rendam dalam larutan air gula yang sudah dimasak tadi dan diamkan selama 1 hari. Angkat dan tiriskan.
  7. Sementara larutan air gula nya di masak kembali hingga mengental lalu digunakan kembali untuk rendaman daging pala setelah dingin. Rendaman yang terakhir ini juga berdurasi hingga 1 hari lamanya.
  8. Setelah tahap perendaman daging pala selesai baru kemudian dikeringkan di bawah panas matahari dengan alas tampah.
  9. Jika sudah kering, daging pala dapat diangkat lalu diberi taburan gula pasir dan disimpan dalam wadah toples atau dikemas.

Proses perendaman yang dilakukan sampai beberapa kali ini akan menghasilkan manisan pala yang cukup tahan lama.

Baca juga : Cara Membuat Keripik Nanas

Demikian ulasan mengenai resep cara membuat manisan pala kering yang enak dan mudah. Silahkan mencoba membuat manisan ini di rumah Anda.

5/5 (1 Review)

Leave a Reply