kue pia basah
Kue Basah

Cara Membuat Kue Pia Basah

Cara Membuat Kue Pia BasahUntuk kesempatan kali ini akan membahas mengenai salah satu Resep jenis kue basah yang sudah amat populer di semua daerah Indonesia yakni Kue Pia Basah.

Resep Kue Pia Basah

Resep kue pia basah

Jenis kue yang satu ini memang sangat enak untuk di nikmati. Di samping itu, kue pia basah juga memiliki tekstur yang lembut dan sangat bersahabat dengan lidah kita.

Maka dari itu banyak masyarakat yang menjadikan kue pia basah sebagai cemilan saat sendiri, maupun bersama keluarga tercinta. Apalagi jika di tambah dengan secangkir kopi, sangat menggoda selera.

Untuk proses pembuatan kue pia basah ini memang ada masyarakat yang tahu dan ada juga yang sebaliknya. Bagi Anda yang sudah tahu, silahkan nanti kita berbagi info atau saran di kolom komentar.

Untuk yang memang belum tahu banyak mengenai proses pembuatan kue pia basah ini, resepkuerenyah.com akan membahasnya kali ini. Silahkan simak ulasan berikut.

kue pia basah

Simak Resep Cara Membuat Kue Pia Basah Berikut:

Bahan yang digunakan untuk isinya:

  • 200 gr kacang hijau
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 100 gr gula pasir
  • 3 sendok makan minyak goreng

Bahan yang digunakan untuk membuat kulit kue pia basah:

  • Margarin 70 gr
  • 1 sendok teh garam
  • 100 gr gula pasir
  • 400 gr tepung terigu
  • Air hangat 200 ml
  • Ragi instant 1 sendok makan
  • Air bersih hangat secukupnya

Langkah untuk membuat kue pia basah:

  1. Langkah pertama buat terlebih dahulu isinya dengan cara siapkan panci lalu tuangkan air secukupnya dan letakkan diatas kompor yang menyala.
  2. Kemudian masukan kacang hijau kedalam panci tersebut dan rebus hingga kacang hijau matang dan terasa empuk lalu angkat dan tiriskan dahulu.
  3. Berikutnya ambil cobek lalu masukan kacang hijau yang telah direbus kedalam cobek dan ulek kacang hijau hingga halus.
  4. Setelah itu siapkan wajan tambahkan minyak dan letakkan wajan diatas kompor yang bernyala sedang saja lalu masukan kacang hijau yang telah dihaluskan tadi tambahkan gula pasir, vanili bubuk, dan garam halus aduk hingga rata.
  5. Masak terus sambil diaduk – aduk sampai kering lalu angkat dan sisihkan dahulu.
  6. Langkah kedua buat kulit pia dengan cara siapkan satu wadah lalu masukan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan aduk dahulu hingga rata.
  7. Tambahkan air hangat aduk kembali dengan menggunakan tangan hingga rata .
  8. Tambahkan pula garam halus dan margarin aduk dan uleni kembali hingga adonan benar – benar kalis.
  9. Kemudian masukan adonan yang telah kalis dalam satu wadah dan tutup rapat selama kurang lebih 30 menit atau hingga adonan mengembang.
  10. Jika sudah bentuk adonan dengan cara ambil adonan secukupnya atau sesuai selera anda kemudian pipih kan adonan lalu ambil adonan kacang hijau secukupnya dan letakkan diatas adonan tepung yang telah dipipihkan tadi.
  11. Lalu gulung hingga adonan kacang hijau tertutup rapi. Bila sudah letakkan diatas loyang yang telah diolesi margarin. Teruskan seperti itu hingga semua adonan habis.
  12. Diamkan kembali adonan yang telah diisi tadi kurang lebih selama 20 menit atau sampai adonan mengembang kembali.
  13. Terakhir masukan loyang yang berisikan adonan kue pia kedalam oven dan panggang hingga adonan kue pia matang. Angkat dan biarkan agar dingin.
  14. Kue pia siap untuk dinikmati.

Baca juga : Cara Membuat Kue Pia Kacang Hijau

Begitulah alur proses resep cara membuat kue pia basah yang tadi selesai kami ulas. Semoga bisa membantu anda dalam membuat sajian kue pia basah. Silahkan di coba dan terima kasih.

5/5 (1 Review)

1 Balasan untuk Cara Membuat Kue Pia Basah

Leave a Reply