Cara Membuat Kue Kacang Tanah

4.3 /5 (3 ulasan)

Hai semuanya! Kali ini, saya akan membagikan resep membuat kue kacang tanah yang bikin nostalgia, nih. Yuk, simak sampai habis!

Jadi ceritanya kemarin saya bikin sambal kacang karena suami minta dibuatkan nasi pecel. Nah, kebetulan masih ada kacang tanah sisa dari sambal kacang kemarin. Daripada cuma disimpan saja, saya kepikiran untuk membuat kreasi kue kering…

Tapi … apa, ya?

Setelah berpikir cukup lama, saya teringat jajanan jadul favorit masa kecil dulu, yaitu kue kacang atau sebagian orang menyebutnya kue kacang tanah.

Kalau di kota saya sih sudah agak sulit menemukan kue ini, apalagi di warung-warung. Di pusat perbelanjaan atau di toko kue biasanya ada, tapi jaraknya lumayan jauh. Jadi saya memutuskan untuk buat sendiri aja, deh… Ternyata caranya juga mudah, kok. Simak terus ya.

Cara Membuat Kue Kacang Tanah

Sebetulnya proses pembuatan kue kacang tanah ini tidak terlalu sulit, bahkan bagi saya ini menyenangkan. Baru mulai saja, saya sudah membayangkan hasilnya akan seperti apa. 😀

Untuk proses pembuatan lebih lanjut, silakan simak resep kue kacang tanah dari resepkuerenyah.com di bawah ini ya.

Resep Kue Kacang Tanah

Bahan-bahan:

  • Kacang tanah yang telah dikupas dan disangrai sebanyak 150 gram
  • Gula halus 60 gram
  • Kuning telur ayam 2 butir
  • 1/2 sendok teh garam dapur
  • Margarin 100 gram, lelehkan
  • Tepung terigu 200 gram

Bahan untuk olesan:

  • Kuning telur 2 butir, kocok lepas

Langkah untuk membuat kue kacang tanah:

  1. Langkah pertama, ulek kacang tanah yang telah disangrai dan dikupas kulitnya hingga halus. Kemudian sisihkan. Kalau punya lumpang (alat tumbuk), bisa dipakai karena hasilnya akan lebih halus.
  2. Di wadah yang berbeda, kocok margarin yang telah dilelehkan, kuning telur ayam, gula halus, dan kacang yang telah dihaluskan sampai berbuih dengan menggunakan mixer dengan kecepatan lepas.
  3. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung terigu dan garam dapur, aduk terus hingga rata.
  4. Kemudian uleni adonan tersebut hingga merata dan kalis dengan menggunakan tangan.
  5. Setelah kalis, kemudian letakkan adonan di atas tempat datar, lalu pipihkan, kemudian bentuk dengan menggunakan cetakan yang berbentuk bulan sabit atau love.
  6. Tata rapi di atas loyang yang telah diolesi margarin, bila loyang sudah terisi penuh, olesi dahulu adonan yang telah dicetak dengan kuning telur yang telah dikocok lepas pada bagian atasnya.
  7. Selanjutnya, masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 20 menit hingga matang.
  8. Angkat dan tata dalam wadah, lalu kue kacang tanah siap untuk dihidangkan.

Baca juga : Cara Membuat Kue Pia Kacang Hijau

Jika belum yakin dengan rasanya, silakan buat sedikit dahulu. Kalau dirasa sudah cocok, tinggal dilanjutkan, deh.

Setelah saya buat, ternyata rasanya enak, mirip sekali dengan kue kacang tanah yang saya sering beli saat kecil dulu. Hehe. Lumayan, bisa mengobati rasa rindu.

Demikian ulasan saya mengenai resep cara membuat kue kacang tanah. Terima kasih telah berkunjung ke resepkuerenyah.com ya! Oh iya, kalau di kota kamu, kue kacang tanah masih ada, nggak?

3 pemikiran pada “Cara Membuat Kue Kacang Tanah”

    • Halo kak, terima kasih atas koreksinya. 😀

      Saya lupa memasukkan kacangnya –Kacangnya dimasukkan bersamaan dengan tepung, gula, kuning telur ke dalam mixer.

      Balas

Tinggalkan komentar