Cara Membuat Kerupuk Bawang Gurih dan Renyah

Cara membuat kerupuk bawang sebenarnya sangat sederhana, proses pembuatannya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk bawang juga tidak terlalu banyak. Dengan bahan yang sedikit, Anda dapat membuat kerupuk bawang yang cukup banyak. Kerupuk bawang sendiri dapat Anda jadikan camilan enak dan lezat ataupun untuk pendamping makan nasi Anda. Kerupuk bawang sendiri memiliki rasa gurih dan renyah, kerupuk bawang juga cocok untuk dinikmati bersama dengan kopi atau teh panas.

Bagi Anda yang tertarik ingin membuat kerupuk bawang, Anda dapat menyimak uraian berikut. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membuat kerupuk bawang, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus Anda persiapkan untuk membuat kerupuk bawang gurih dan renyah:

Cara Membuat Kerupuk Bawang

Bahan-bahan:

  • Tepung terigu 1 kg
  • Bawang putih 15 siung (haluskan)
  • Bawang merah 10 butir (haluskan)
  • Ketumbar bubuk 3 sendok teh
  • Merica bubuk ¼ sendok teh
  • Kaldu ayam bubuk 3 sendok teh
  • Soda kue 1 sendok teh
  • Seledri 2 batang (cincang halus)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus)

Cara mudah membuat kerupuk bawang:

  1. Siapkan wadah

Untuk membuat kerupuk bawang, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyiapkan wadah. Siapkan wadah yang cukup besar untuk menguleni adonan agar proses pengulenan lebih mudah.

  1. Masukkan semua bahan

Cara membuat kerupuk bawang selanjutnya yaitu masukkan semua bahan (kecuali minyak goreng dan daun pisang) ke dalam wadah yang telah Anda siapkan. Untuk air sebaiknya tuang di belakang setelah semua bahan-bahan tercampur merata. Setelah itu barulah tuang air ke dalamnya sedikit demi sedikit sambil terus diuleni. Jika dirasa sudah cukup, hentikan menambah air lalu uleni adonan sampai terbentuk adonan yang kalis. Jika masih terasa keras, tambahkan sedikit air lagi.

  1. Bungkus adonan

Langkah berikutnya yaitu membungkus adonan layaknya membungkus lontong. Bentuk daun pisang memanjang lalu masukkan adonan ke dalamnya, setelah itu gunakan lidi untuk merekat kedua ujungnya.

  1. Kukus adonan

Cara membuat kerupuk bawang berikutnya yaitu kukus adonan tersebut selama kurang lebih 3 jam. Setelah dikukus, diamkan adonan sampai benar-benar dingin. Selanjutnya barulah Anda dapat memotong adonan tipis-tipis.

  1. Jemur adonan

Jika sudah dipotong-potong, Anda dapat menjemurnya di bawah terik matahari sampai kering. Jemurlah sampai benar-benar kering agar kerupuk dapat mengembang secara sempurna.

  1. Goreng

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah memanaskan minyak goreng secukupnya. Setelah panas, kecilkan api lalu goreng kerupuk sampai matang.

Jika sudah matang, angkatlah kerupuk tersebut lalu tiriskan terlebih dahulu. Jika sudah dingin, Anda dapat menyajikan dan menikmati kerupuk bawang buatan Anda tersebut. Atau Anda juga dapat menyimpannya di dalam stoples agar tidak mudah melempem. Itulah cara membuat kerupuk bawang, selamat mencoba.