Cara Membuat Keripik Nanas

Cara Membuat Keripik Nanas – Kalau bicara tentang buah nanas, tentunya kita akan teringat pada suatu kota di Jawa Barat, Subang. Buah ini memang sangat banyak di budidaya-kan di daerah Priangan, terlebih Kota Subang.

Buah nanas ini ternyata selain enak dimakan langsung, dapat pula diolah menjadi berbagai jenis kreasi makanan ringan. Nanas yang di dalamnya mengandung mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh terutama kandungan vitamin A dan vitamin C.

Cara Membuat Keripik Nanas Renyah

Buah nanas dapat di variasi-kan menjadi beberapa penganan dan olahan unik seperti misalnya dodol nanas, manisan nanas, jenang nanas, selai nanas, minuman sari buah atau jus nanas. Nanas juga bisa diolah menjadi keripik yang gurih dan renyah.

Olahan keripik nanas ini menjadi penganan yang begitu disukai oleh para penggemar makanan sehat. Memang penganan ini masih belum marak di pasaran, masih sedikit yang memproduksi-nya, mungkin hanya di Subang.

Oleh karena itu, tulisan ini merupakan jembatan bagi mereka yang berasa kangen pada makanan ringan ini. Kali ini resepkuerenyah.com akan mengulas mengenai resep keripik nanas yang di buat dengan buah nanas yang matang.

Tertarik ingin mencobanya?

Silahkan simak bahan-bahan dan beberapa tips serta langkah-langkah cara membuat keripik nanas yang sederhana dan dapat di praktek-kan siapa pun di bawah ini.

Keripik Nanas Subang

Simak Cara Membuat Keripik Nanas Berikut:

Bahan untuk membuat keripik nanas:

  • 3 buah nanas matang
  • Asam askorbat
  • Gula halus

Langkah-langkah cara membuat keripik nanas:

  1. Kupas buah nanas sampai benar-benar bersih dari kulitnya.
  2. Kemudian, rendam buah nanas menggunakan air garam.
  3. Selanjutnya iris buah nanas dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Ingin dibentuk menjadi apa hasil keripik nanas-nya nanti, mungkin berbentuk bulat seperti buahnya atau memanjang layaknya ketika mau dikonsumsi langsung. Potong buah dengan tebal setiap potongannya kira-kira sekitar 5 mm.
  4. Setelah itu, dingin-kan buah nanas yang sudah diiris-iris dengan cara dimasukkan ke dalam freezer. Hal ini dimaksudkan supaya dapat hasil keripik yang baik.
  5. Goreng nanas apabila sudah dingin menggunakan alat khusus yang bernama vacuum friying. Meskipun alat atau mesin ini yang merupakan penggoreng khusus buah-buahan dan memang harganya lumayan tinggi. Jika menggunakan menggoreng secara tradisional atau menggunakan penggorengan biasa, hasilnya nanti akan hitam bahkan meleleh serupa jelly. Penyebabnya adalah kandungan glukosa pada buah nanas yang sangat tinggi. Selain itu, menggoreng-nya juga tidak boleh dengan suhu temperatur yang terlalu tinggi.
  6. Kelemahan penggorengan biasa adalah tidak dapat mengatur suhu sehingga rata-rata suhunya cenderung tinggi sampai 100 derajat celsius bahkan lebih. Meskipun suhunya cenderung selalu tinggi, tetapi itu tidak cukup untuk menghilangkan kadar air dari dalam buah sehingga jika proses penggorengan terus dilakukan, hasilnya keripik nanas akan menjadi gosong.
  7. Jika menggunakan alat vacuum friying atur suhunya supaya selalu stabil pada saat proses penggorengan. Suhunya tidak lebih dari 85 derajat celsius pada saat memanaskan irisan buah nanas supaya tidak gosong hasil keripik nanas-nya.
  8. Angkat setelah dirasa cukup hilang kadar airnya dan kering benar.

Tips:

  • Sedikit tips tentang langkah pembuatan keripik nanas supaya bagus hasilnya adalah pertama pemilihan buah nanas yang kudu tepat. Nanas diambil yang sudah cukup masak, jangan yang sudah terlalu matang karena nantinya daging buahnya terlalu lembek.
  • Nanas yang matang akan menghasilkan rasa legit dari buah pada hasil keripik nanas yang maksimal, tak perlu lagi ditambah-tambah pemanis, apalagi pemanis buatan.

Baca juga : Cara Membuat Keripik Singkong

Mudah bukan? setelah mengetahui resep cara membuat keripik nanas sendiri, boleh dicoba dilakukan di rumah dengan tangan Anda sendiri di dapur kesayangan Anda. Selamat bereksperimen dan sukses!

Tinggalkan komentar