Cara Membuat Es Cendol Sederhana

Cara Membuat Es Cendol Sederhana – Es cendol merupakan salah satu warisan kuliner nusantara berupa minuman dengan isian cendol, santan, dan air gula merah. Cendol sendiri umumnya terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung sagu ataupun tepung tapioka. Beberapa orang menggunakan tepung hunkwe untuk menggantikan tepung beras. Kali ini, kami bagikan resep cendol yang terbuat dari tiga jenis tepung, yakni tepung beras, tepung tapioka, dan tepung hunkwe. Perpaduan ketiga tepung ini membuat tekstur cendol lembut namun tidak mudah hancur, serta terlihat mulus.

Advertisement

Membuat cendol dengan menggunakan tiga macam tepung ini tak berbeda jauh dengan pembuatan cendol pada umumnya. Jika Anda tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah, silakan simak resep di bawah ini. Tak hanya cara membuat cendol saja, tetapi kami sertakan pula cara pembuatan kuah santan dan cairan gula merah pelengkap es cendol.

Resep es cendol

Mar 01 Cara Membuat Es Cendol Tiga Tepung

Bahan-bahan untuk membuat adonan cendol:

  • Tepung tapioka merk Sagu Tani sebanyak 50 gram
  • Tepung beras sebanyak 50 gram
  • Tepung hunkwe sebanyak 50 gram
  • Air bersih sebanyak 600 ml
  • Daun pandan sejumlah 5 lembar
  • Pasta pandan sebanyak 1/2 sendok teh
  • Garam sebanyak 1 1/2 sendok teh

Bahan-bahan untuk membuat kuah santan:

  • Air bersih sebanyak 200 ml
  • Santan kental sebanyak 200 ml

Bahan-bahan untuk membuat cairan gula merah:

  • Air bersih sebanyak 300 ml
  • Gula merah sebanyak 200 gram
  • Daun pandan sejumlah 1 lembar

Cara membuat es cendol

  1. Haluskan daun pandan dan 600 ml air bersih dengan menggunakan blender. Lalu saring, ambil airnya, dan sisihkan.
  2. Siapkan wadah, lalu masukkan ke dalamnya bahan-bahan untuk membuat cendol seperti tepung tapioka, tepung beras, tepung hunkwe, pasta pandan, garam, dan air daun pandan. Aduk hingga semua bahan tersebut tercampur rata. Sebaiknya gunakan balloon whisk saat mengaduk adonan cendol agar hasilnya halus dan tidak bergerinjil.
  3. Masak bahan-bahan tersebut dengan menggunakan api kecil sembari diaduk-aduk hingga adonan meletup-letup dan teksturnya mengental.
  4. Sediakan cetakan cendol dan baskom yang telah diisi air dingin. Lalu masukkan adonan cendol ke dalam cetakan dan tekan-tekan dengan menggunakan spatula plastik atau sendok hingga cendol keluar dari lubang cetakan dan masuk ke dalam air dingin yang berada di dalam baskom. Jika Anda tidak memiliki cetakan cendol, masukkan adonan cendol ke dalam plastik segitiga, lalu ikat ujung atasnya. Kemudian gunting ujung bawahnya dan semprotkan ke dalam baskom.
  5. Ambil cendol dari air es dan sisihkan.
  6. Buat kuah santan dengan cara mencampur air bersih sebanyak 200 ml dengan santan kental. Masak hingga mendidih, lalu sisihkan dan biarkan uap panasnya hilang.
  7. Di wadah lain, campur dan masak 300 ml air bersih, gula merah, dan daun pandan. Jika gula merah telah larut dan air telah mendidih, matikan api. Angkat dan saring cairan gula merah tersebut, lalu biarkan suhunya mencapai suhu ruang.
  8. Siapkan wadah berupa gelas atau mangkuk, lalu masukkan dan campur cendol dengan kuah santan dan cairan gula merah. Beri es batu sesuai selera. Es cendol siap disantap.

Membuat es cendol sendiri di rumah lebih nikmat daripada membeli. Karena Anda dapat menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera Anda seperti nangka, alpukat, atau ketan hitam. Selain itu, jika membuatnya sendiri, kebersihannya juga lebih terjamin.

Incoming search terms:

cara membuat es yg simpel dan praktis
Cara Membuat Es Cendol Sederhana | Rizki Nur Amalia | 4.5